Katedral Latina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Latina
Katedral Santo Markus
bahasa Italia: Cattedrale di S. Marco
Katedral Latina
LokasiLatina
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Latina-Terracina-Sezze-Priverno

Katedral Latina (bahasa Italia: Cattedrale di San Marco, Duomo di Latina) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di tengah-tengah kota Latina, Lazio, Italia. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Latina-Terracina-Sezze-Priverno.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Juni 1932, peletakan batu pertama kota Littoria, kemudian berganti nama menjadi Latina, dimaksudkan sebagai tambahan comune antara Cisterna dan Terracina yang sudah ada. Proyek kota baru dipercayakan kepada arsitek Oriolo Frezzotti,[1] yang di antara bangunan lainnya merencanakan sebuah gereja di pusat kota.

Konstruksi dimulai pada tahun 1932 dan selesai pada tahun berikutnya; gereja ini diresmikan dan ditahbiskan pada tanggal 18 Desember 1933.

Paroki ini dilembagakan pada tanggal 23 November 1933 oleh Kardinal Enrico Gasparri, uskup Velletri; Salesian Don Bosco diundang oleh Paus Pius XI untuk bertanggung jawab atas San Marco atas desakan penduduk dan Benito Mussolini. Sejak tahun 1967 kota ini menjadi bagian dari Keuskupan Terracina-Latina, Priverno dan Sezze: tetapi tetap mempertahankan kedudukan uskup kuno di keuskupan dan katedral Terracina, Sezze dan Priverno, para uskup memutuskan untuk menempatkan satu kediaman pusat di Latina, di mana kantor kuria para uskup juga dibuka.

Pada tanggal 30 September 1986, dengan dekrit Instantibas votis dari Kongregasi bagi Para Uskup dan penyatuan kursi dengan formula plena unione, gereja San Marco di Latina menjadi katedral yang "baru" keuskupan Latina-Terracina-Sezze-Priverno.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Oriolo Frezzotti - Dizionario Biografico Treccani". Diakses tanggal 3 Maret 2013.