Katedral Lama Los Angeles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lama Los Angeles
Katedral Santo Vibiana
Cathedral of Saint Vibiana
Katedral Lama Los Angeles
LokasiLos Angeles
NegaraAmerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Los Angeles

Katedral Lama Los Angeles yang bernama resmi Katedral Santa Vibiana (Spanyol: Catedral de Santa Vibiana), sering disebut St. Vibiana's, adalah sebuah bekas gereja katedral Katolik dari Keuskupan Agung Los Angeles. Terletak di Pusat Kota Los Angeles, bangunan ini dibuka pada tahun 1876 sebagai katedral untuk apa yang kemudian dikenal sebagai Keuskupan Monterey–Los Angeles, dan tetap menjadi katedral resmi Los Angeles untuk lebih dari 100 tahun.[1]

Katedral tersebut rusak berat selama gempa Northridge tahun 1994 dan menjadi subjek pertarungan hukum yang panjang antara keuskupan agung, yang ingin menghancurkan bangunan tersebut dan membangun katedral baru di situs tersebut, dan para pelestari, yang ingin bangunan tersebut tetap berdiri karena makna sejarahnya. Pada tahun 1996, pihak-pihak yang terlibat mencapai kompromi di mana Keuskupan Agung akan membeli situs terdekat untuk membangun katedral baru, dan pada gilirannya akan menyerahkan situs St. Vibiana ke Kota Los Angeles. Katedral Our Lady of the Angels didedikasikan pada tahun 2002 sebagai penerus gereja ini.

Pada akhir tahun 2000-an, bekas gedung katedral ini menjadi tempat acara bernama Vibiana. Cabang Little Tokyo dari Perpustakaan Umum Los Angeles juga terletak di situs ini. Struktur katedral tahun 1876 adalah salah satu bangunan terakhir yang tersisa dari periode awal sejarah Los Angeles.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nelson, Louis P. American Sanctuary: Memahami Ruang Suci. Indiana University Press. hlm. 142. ISBN 0-253-21822-5.