Katedral Lama Belo Horizonte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lama Belo Horizonte
Katedral Bunda Maria dari Pejalanan Baik
Catedral Nossa Senhora da Boa Viagem
Katedral Lama Belo Horizonte
LokasiBelo Horizonte
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Belo Horizonte

Katedral Lama Belo Horizonte yang bernama resmi Katedral Bunda Maria dari Pejalanan Baik[1] (Portugis: Catedral Nossa Senhora da Boa Viagem),[2] juga dikenal sebagai Katedral Belo Horizonte,[3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Belo Horizonte, Brasil.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1709, lokasi di mana Katedral Bunda Maria dari Pejalanan Baik sekarang berada ditempati oleh bangunan-bangunan Katolik. Pada masa kolonial, "gedung raja" dihancurkan untuk pembangunan Belo Horizonte. Kemudian, sebuah kapel dengan dinding batako dibangun di lokasi tersebut, yang bertahun-tahun kemudian digantikan oleh bangunan yang lebih besar yang dikenal sebagai gereja Good Voyage. Pada tanggal 12 Desember 1897, gereja Good Voyage dihancurkan.

Pembangunan gereja saat ini dimulai pada tahun 1913, dengan gereja tersebut dibangun dengan gaya gaya neo-Gotik. Pada tanggal 11 Februari 1921, sebelum pekerjaannya selesai, gereja tersebut diubah menjadi katedral oleh Keuskupan Agung Belo Horizonte. Gereja ini secara resmi diresmikan pada tahun 1923.[4] Pada tahun 1924 menjadi keuskupan agung.

Gereja ini ditahbiskan untuk Bunda dari Pejalanan Baik, santo pelindung para navigator Portugis. Patung orang suci ini dibawa oleh pendiri gereja asli di seberang Atlantik, dan terus dipelihara selama bertahun-tahun. Patung itu berada di sudut kanan altar katedral dan berukuran lebih dari setengah meter. Saat ini gereja dipelihara dan dikelola oleh Kongregasi Sakramen Mahakudus.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Our Lady of Good Voyage Cathedral
  2. ^ Souza, Castro,José de. O enigma Salej. Kbr Editora Digital. ISBN 9788581804453. 
  3. ^ Belo Horizonte, Minas Gerais: guia turístico. Belotur, Empresa Municipal de Turismo de Belo Horizonte. 1998-01-01. 
  4. ^ a b Santuario da boa viagem https://santuarionossasenhoradaboaviagem.arquidiocesebh.org.br/santuario/historia/