Katedral La Asunción

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral La Asunción
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de La Asunción
Katedral La Asunción
LokasiLa Asunción
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Margarita

Katedral La Asunción atau yang bernama resmi Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga' (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de La Asunción) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di La Asunción, negara bagian Nueva Esparta, di Pulau Margarita, Venezuela. Selesai dibangun pada tahun 1571, ini adalah gereja tertua di Venezuela.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dibangun antara tahun 1570 dan 1571, Catedral Nuestra Señora de La Asunción adalah gereja tertua di Venezuela dan merupakan salah satu yang pertama di Amerika. Pembangunannya dimulai pada tahun 1570 (jauh sebelum pembangunan katedral Santa Ana de Coro) dan tidak pernah selesai. Gereja ini didirikan oleh anggota Ordo Dominikan, pendeta Juan de Manzanillo. Ia kemudian dihancurkan oleh Lutherans Perancis, dan pada tahun 1602 katedral tersebut dilaporkan menjadi reruntuhan. Pekerjaan rekonstruksi bangunan dimulai lagi pada tahun 1609, dan katedral akhirnya selesai sebelas tahun kemudian, pada tahun 1621.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Interior

Terletak di Plaza Bolivar yang ditumbuhi pepohonan, gereja ini memiliki denah persegi panjang dengan tembok besar sebagai perlindungan dari serangan bajak laut. Bagian utama katedral, yang berbentuk persegi panjang, memiliki dimensi 17 x 48 meter (56 x 157 ft), dan bagian dalamnya dilapisi dengan dua baris kolom besar dalam gaya tuscan yang menopang atap. Terdapat menara lonceng di luar, yang unik dan loncengnya sekarang disimpan di alun-alun. Salah satu bangunan keagamaan terpenting di pulau ini, Perawan La Asunción dipuja di sini. Katedral telah dinyatakan sebagai monumen kota bersejarah. Fasad dan interiornya polos, tetapi menara samping kirinya, yang dibangun pada tahun 1599, adalah yang tertua di negara ini. Fasad di portal pintu masuk gereja dibangun dengan gaya renaisans. Itu dianggap sebagai gereja model sampai abad ke-19.

Festival[sunting | sunting sumber]

Festival terpenting dalam tahun Liturgi diadakan pada pertengahan Agustus, untuk merayakan Maria Diangkat ke Surga. Sebuah prosesi diadakan dan misa dipersembahkan di gereja.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 11°1′47.02″N 63°52′0.44″W / 11.0297278°N 63.8667889°W / 11.0297278; -63.8667889