Katedral L'Aquila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral L'Aquila
Katedral Santo Maximus dan Santo George
bahasa Italia: Cattedrale di SS. Massimo e Giorgio
Katedral L'Aquila
LokasiL'Aquila
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung L'Aquila

Katedral L'Aquila (bahasa Italia: Duomo dell'Aquila; Cattedrale metropolitana dei Santi Massimo e Giorgio) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di L'Aquila, Abruzzo, Italia, didedikasikan untuk Santo Maximus dari Aveia dan Georgius. Ini adalah tahta episkopal Keuskupan Agung L'Aquila.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini awalnya dibangun pada abad ke-13 dan hancur akibat gempa bumi tahun 1703. Ia dipulihkan pada abad ke-19 dan dipulihkan lebih lanjut pada abad ke-20.[1] Baru-baru ini, ia mengalami kerusakan parah pada gempa bumi tahun 2009, dan saat ini dianggap tidak layak untuk digunakan (2023).[2] Setelah gempa bumi ini, fungsi gerejawi untuk sementara dialihkan ke Basilika Santa Maria di Collemaggio, yang juga mengalami kerusakan. Setelah bulan Agustus 2013, karena basilika juga ditutup untuk ibadah karena pekerjaan pembangunan kembali, fungsi gerejawi sekali lagi dialihkan ke Basilika San Giuseppe Artigiano, tidak jauh dari katedral, yang setelah gempa bumi yang sama, telah rusak. dibangun kembali dan dibuka kembali pada Juli 2012. Pekerjaan rekonstruksi dan restorasi katedral dimulai pada 28 Februari 2023, setelah melalui proses perencanaan yang panjang, dan diperkirakan akan berlangsung selama 5 tahun.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Abruzzo, Touring Club Italiano 2015, p.93
  2. ^ Protezione Civile. "Jadwal penilaian danno sismico" (PDF). terremotoabruzzo09.itc.cnr.it. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 23 April 2014. Diakses tanggal 27 Desember 2010. 
  3. ^ "Cattedrale Duomo, bulan Februari bagian dari cantiere". 2023-01-11.