Katedral Kota Panama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Kota Panama
Katedral Agung Primatial Metropolitan Basilika Santa María la Antigua
Spanyol: Catedral Primada Basílica Santa María la Antigua de Panamá
Katedral Kota Panama
8°57′09″N 79°32′07″W / 8.9525°N 79.5352°W / 8.9525; -79.5352Koordinat: 8°57′09″N 79°32′07″W / 8.9525°N 79.5352°W / 8.9525; -79.5352
LokasiCasco Antiguo, Kota Panama
NegaraPanama
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Tanggal konsekrasi1796
Arsitektur
StatusKatedral Agung Metropolitan, Basilika minor
Penetapan warisanWarisan Budaya Nasional
Arsitekinsinyur militer Nicolás Rodríguez
Tipe arsitekturRenaisans
Dibangun1688–1796
Peletakan batu pertama1688 (1688)
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Panamá

Basilika Katedral Agung Metropolitan Santa María la Antigua[1] (Spanyol: Catedral Basílica Santa María la Antigua de Panamá) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota tua Kota Panama, ibu kota negara Panama.[2][3] Ditahbiskan pada tahun 1796,[4] meskipun pekerjaan konstruksi dimulai pada tahun 1688, 108 tahun sebelumnya. Katedral ini dirancang oleh insinyur militer Nicolás Rodríguez.[5] Katedral Agung Panama adalah tahta episkopal dari Keuskupan Agung Panamá.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gambar Katedral Metropolitan Panama pada tahun 1882, di L’illustrazione popolare, Fratelli Treves Editori – Milano
Foto Katedral Metropolitan pada tahun 1904, dengan latar belakang Bukit Ancón, sebuah puncak yang terletak di sekitar Kota Panama

Katedral Agung Metropolitan Panama adalah pewaris katedral yang didirikan oleh Paus Adrianus VI di rumah besar Cacique Cémaco, ketika Spanyol mengonfrontasinya dan menawarkan untuk mendirikan sebuah kota yang didedikasikan untuk Santa Maria dari la Antigua, pada tahun 1510. Pada tahun 1513, peraturan tersebut menentukan banteng yang dengannya La Antigua diangkat ke peringkat keuskupan, dan gerejanya ke peringkat katedral, menjadi uskup pertama Friar Juan de Quevedo.

Setelah Santa María la Antigua del Darién ditinggalkan atas perintah Pedro Arias Dávila, yang pada tahun 1519 mendirikan Panama di tepi Laut Selatan, katedral baru kota ini mewarisi pemindahan lambang, banteng dan peninggalan dari la Antigua del Darién. Setelah Henry Morgan memecat Panama pada tahun 1671,[4] kota tersebut dipindahkan ke Casco Antiguo of Panama City saat ini pada tahun 1673 dan dengan pemindahan ini diaturlah pendirian katedral baru, yang pembangunannya memakan waktu 108 tahun, yaitu dari tahun 1688 hingga 1796.[4]

Selama era Republik, katedral ini menjadi tempat pemakaman presiden republik, pernikahan dan acara keagamaan yang tak terhitung jumlahnya.

Struktur Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Plaza de la Catedral

Ini adalah bangunan besar dengan atap pelana yang tinggi. Kota ini memiliki dua menara yang diplester, yang bagian atasnya pernah dicat merah, bertatahkan ibu mutiara yang dianggap sebagai yang tertinggi di Panama sejak lama. Dindingnya terbuat dari batu, fasadnya diukir dengan gaya Renaissance dengan elemen dekorasi klasik (biasa disebut gaya Jesuit). Ini memiliki tiga bagian tengah yang dapat diakses langsung melalui tiga pintu dari fasad. Ada dua bagian tengah kapel lainnya yang tidak memiliki divisi masing-masing.

Atapnya ditopang oleh hutan asli dengan sekitar 67 tiang berbentuk salib yang terbuat dari batu dan bata. Tempat suci dan patung Kristus berada tujuh langkah di atas bagian tengah dan meskipun semuanya dicat putih, bagian itu, di bagian atas, dicat dengan warna biru muda, warna Perawan.

Altar utamanya adalah karya dari akhir abad ke-19, kemungkinan besar dibuat oleh master Prancis yang bekerja untuk pembangunan Kanal Antar Samudera. Dari Darién ke Panamá Viejo dan dari sana ke situs saat ini, datanglah relik-relik yang dibawa dari Seville dari Saint Aurelio dari Córdoba dan Saint Getulius, dalam kedua kasus tersebut, merupakan sisa-sisa yang lengkap. Lonceng menara katedral Panama Viejo menjadi tidak berguna ketika sebagian meleleh dalam kebakaran tahun 1737, sehingga lonceng yang sekarang disandangnya dibuat pada abad kedelapan belas, sebagai hadiah dari mantan uskup Panama yang telah dipindahkan. ke Amerika Selatan.

Ia mempunyai sakristi yang luas, sekali pada dua tingkat, satu-satunya bangunan kolonial Panama dengan kubah. Di bawah tempat suci-maha suci ada dua ruangan berkubah, Ruang Bawah Tanah Para Uskup. Dari sakristi dimungkinkan untuk mengakses ruang bawah lainnya tempat arsip katedral disimpan.

Ini memiliki 10 jendela besar dan tinggi yang telah diperkaya sejak awal abad kedua puluh dengan jendela kaca patri yang indah yang dipengaruhi oleh l'art dekoratif. Lampu-lampu yang ada saat ini, terbuat dari perunggu berlapis emas dengan desain tradisional, disumbangkan oleh Keuskupan Agung Rio de Janeiro. Katedral ini berdiri di sisi barat Plaza Mayor. Dikelilingi oleh bukit kecil yang lebar, 6 langkah di atas permukaan jalan dan satu langkah lagi untuk memasuki katedral.

Diangkat menjadi basilika[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 22 Desember 2014, Uskup Agung Panama José Domingo Ulloa Mendieta mengumumkan bahwa Dikasteri untuk Ibadah dan Tata Tertib Sakramen menganugerahkan gelar basilika minor kepada katedral metropolitan, dengan segala tugas dan kewajiban yang terkandung di dalamnya dalam bidang liturgi dan pastoral. Gelar tersebut diberikan atas permintaan dari konferensi episkopal Panama. Mulai sekarang menyandang gelar Katedral Basilika Santa María la Antigua.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catedral Basílica Metropolitana Santa María la Antigua". GCatholic. Diakses tanggal 2023-08-16. 
  2. ^ Perilla, Jisel. Panama Frommer. Hoboken, New Jersey: Wiley Publishing. ISBN 978-0-470-37183-1. 
  3. ^ Catatan Arsitektur. McGraw-Hill. 
  4. ^ a b c Máiquez, Alfredo. Panamá, el país. Ediciones Gamma S.A. hlm. 33. ISBN 9589308929. 
  5. ^ Spadafora Galvez, Vanessa; Tejeira Davis, Eduardo (2001). El Casco Antiguo de la ciudad de Panamá. CiudadCity. hlm. 110. ISBN 84-932337-1-4.