Sevilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Seville)
Seviya
Sevilla
Bendera Seviya
Lambang kebesaran Seviya
Motto: 
NO8DO Sevilla tidak meninggalkanku
(It [Seville] has not abandoned me)
Country Spain
Autonomous CommunityAndalusia
ProvinceSeville
ComarcaSeville
DidirikanAbad ke 8-10 SM
Pemerintahan
 • JenisMayor-council
 • BadanAyuntamiento de Sevilla
 • MayorAlfredo Sánchez Monteseirín (PSOE)
Luas
 • Kota140 km2 (50 sq mi)
Ketinggian
7 m (23 ft)
Populasi
 (2009)INE
 • Kota703.206
 • Peringkat4th
 • Kepadatan5.002,93/km2 (1,295,750/sq mi)
 • Metropolitan
1.493.416
Demonimsevillano (m), sevillana (f)
hispalense
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Postcode
41001-41080
Situs webwww.sevilla.org
Sudut kota Sevilla

Sevilla (dibaca Seviya) merupakan kota terbesar keempat Spanyol. Penduduknya berjumlah 704.154 jiwa (2005). Kota ini merupakan ibu kota wilayah otonomi Andalusia. Bermuara di Sungai Guadalquivir. Dengan memiliki luas wilayah 140 km² dengan memiliki angka kepadatan penduduk 5.029 jiwa/km².

Sevilla mempunyai iklim Mediterania dengan beberapa iklim kontinental. Suhu rata-rata tahunan 18,6 °C, sehingga dianggap sebagai salah satu kota terpanas di Eropa . Musim dingin yang ringan yang berarti bahwa di musim dingin suhu maksimum harian rata-rata 15,9 °C di musim panas dan 35,3 °C. Curah hujan tahunan adalah 534 mm (kebanyakan antara Oktober dan April). Para terbasah bulan Desember, ketika rata-rata 95 mm dari curah hujan jatuh. Sekitar 3.000 jam sinar matahari per tahun.

Sevilla memiliki klub sepak bola bertajuk Sevilla Futbol Club, SAD yang bermarkas di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sevilla pada masa Hispalis kuno, sudah menjadi kota yang cukup besar pada zaman Romawi Julius Caesar ketika ia menjadi sebuah koloni Roma dengan nama Julia Romula.

Sevilla adalah salah satu kota paling penting dalam sejarah Spanyol dari zaman dahulu budaya lokal mendominasi, awalnya diidentifikasi Tartessian dan, setelah kehancurannya disebabkan oleh Carthaginians memberi jalan ke kota Romawi Hispalis, bersama membangun koloni Italica. Masa kerajaan Visigothic berkuasa Di Al-Andalus, kemudian invasi Muslim 711 atas permohonan Gubernur Julian pada Gubernur Musa bin Nushair, adalah rumah pertama Cora kemudian ibu kota kerajaan Taifa. Pada tahun 844 Viking mencoba menaklukkan kota Sevilla yang berlayar sampai ke sungai Guadalquivir. Namun Emir Cordoba memperkuat sistem pertahanan, Viking tak mampu masuk kembali ke kota pada tahun 859

Tahun 1248 ia bergabung dengan Kerajaan Kristen dari Castile, yang ditaklukkan pada masa pemerintahan Ferdinand III, sekaligus orang pertama yang dikuburkan di Katedral Seville. Sejak itu Seville, dimukimkan oleh bangsawan Spanyol, sebagai ibu kota Kerajaan.

Seville adalah salah satu kota pengadilan keliling pada berbagai kesempatan. Selama Abad Pertengahan kota, pelabuhan dan koloni aktif pedagang Genoa ditempatkan dalam posisi perifer namun penting dalam perdagangan internasional di Eropa. Pada saat itu mengalami guncangan ekonomi dramatis, demografis dan sosial sebagai Black Death dari 1348 atau pemberontakan anti-Yahudi 1391

Selama 16 abad, kota telah mengalami perkembangan besar dibidang transformasi, beberapa bangunan menjadi pusat bersejarah. Akhirnya, kota ini menjadi pusat multikultur, yang memberikan kontribusi terhadap Perkembangan seni yang memainkan peran penting dalam Zaman Keemasan Spanyol.

Bahkan abad ke 17 populasi kota ini mencapai 130.000 jiwa, sebagian besar industri selyemszövéssel dan lainnya Antara 1501-1726 perdagangan ke Amerika adalah pemilik tunggal. Ketika perdagangan di selatan Spanyol semakin menyita Cadiz, industri kota Sevilla juga mulai menurun.

Dibentuk pada tahun 1808 melawan Prancis di junta pusat. Pada tahun 1823, yang Cortes melarikan diri dari Madrid ke Seville. 1843 20-25 Juli. antara bom Espartero meledak. 1992 World Expo tempat. Paviliun Hungaria sangat sukses dirancang oleh Imre Makovecz (setelah pemenang asli dari rencana kontes diabaikan).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]