Katedral Katolik Suriah Maracay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Katolik Suriah Maracay
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
bahasa Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Asunción
Katedral Katolik Suriah Maracay
LokasiSan Jacinto, Maracay
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Suriah)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanEksarkat Apostolik Venezuela (Suriah)

Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga[1] (bahasa Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Asunción)[2] disebut juga Catedral Católica Siria de Nuestra Señora de la Asunción adalah sebuah gereja katedral Katolik dari ritus Suriah[3] yang terletak di jalan pertama sektor San Jacinto[4] di kota Maracay, negara bagian Aragua, di bagian tengah utara negara Venezuela di Amerika Selatan.[5]

Katedral ini berfungsi sebagai pusat kedudukan Eksarkat Apostolik Venezuela (Suriah) (Exarchatus Apostolicus ritus pro Fidelibus Antiocheni Syrorum di Venetiola) yang didirikan pada tanggal 22 Juni 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II oleh Konstitusi Apostolik Komunitas Gerejawi.

Katedral ini merupakan salah satu dari tiga paroki ritus ini di Venezuela, 2 paroki lainnya didedikasikan untuk Bunda Maria Amparo di Puerto la Cruz, Anzoátegui, dan San Jorge di Barquisimeto, Negara Bagian Lara.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pendeta baru untuk komunitas siro-católica de Venezuela – ZENIT – Espanol". 
  2. ^ "Feligreses merayakan 28 tahun yang lalu di Catedral Nuestra Señora de la Asunción – El Aragüeño". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-15. 
  3. ^ "«CATEDRAL NUESTRA SEÑORA DE LA ASUNCIÓN, DIÓCESIS DE MARACAY, EXARCADO APOSTÓLICO SIRIACO CATÓLICO EN VENEZUELA - Urb. San Jacinto". iGlobal.co. Diakses tanggal 2016-08-04. 
  4. ^ Cheney, David M. "Venezuela (Eksarkat Apostolik) [Hierarki Katolik ]". www.catholic-hierarchy.org. Diakses tanggal 2016-08-04. 
  5. ^ "..:.Arquidiócesis de Caracas .:.. Yurisdicciones". www.arquidiocesisdecaracas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-14. Diakses tanggal 2016-08-04.