Katedral Katolik Maronit São Paulo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Katolik Maronit São Paulo
Katedral Bunda Maria Lebanon
Catedral Nossa Senhora do Líbano
Katedral Katolik Maronit São Paulo
LokasiSão Paulo
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Maronit)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanEparki São Paulo (Maronit)

Katedral Bunda Maria Lebanon[1] (bahasa Portugis: Catedral Nossa Senhora do Líbano ) disebut juga Katedral Maronit São Paulo adalah sebuah gereja katedral Katolik dari Ritus Maronit[2] yang terletak di kota São Paulo di negara bagian dengan nama yang sama di wilayah tenggara Brasil.[3] Katedral ini tidak sama dengan katedral Katolik lainnya di kota yang termasuk 4 ritus Latin (Katedral Santo Amaro, Katedral Metropolitan Our Lady of the Assumption, Katedral St. Michael dan Katedral Keluarga Kudus) dan 2 ritus oriental Katolik lainnya (Katedral Melkite Our Lady of Paradise dan the Katedral Armenia St. Gregorius Sang Pencerah).

Gereja ini mengikuti tradisi liturgi Antiokhia dan berfungsi sebagai tempat kedudukan Eparki São Paulo (Maronit) (Eparchia Dominae Nostrae Libanensis Sancti Pauli Maronitarum) yang dimulai sebagai eksarkat apostolik di bawah pemerintahan kepausan Paus Yohanes XXIII dan diangkat ke statusnya yang sekarang oleh Paus Paulus VI pada tahun 1971.

Gereja ini berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Edgar Amine Madi.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria Lebanon di São Paulo
  2. ^ Fernandes, Paula Porta Santos. Guia dos documentos históricos na cidade de São Paulo, 1554/1954: documentação textual. ISBN 9788527104272. 
  3. ^ Diretório litúrgico. 2002-01-01. ISBN 9788515020430. 
  4. ^ Cheney, David M. "Nossa Senhora do Líbano em São Paulo ( Eparki) [Hierarki-Katolik]". www.catholic-hierarchy.org. Diakses tanggal 2017-01-25.