Katedral Katolik Maronit Paris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Katolik Maronit Paris
Katedral Bunda dari Lebanon
Prancis: Cathédrale Notre-Dame-du-Liban de Paris
Katedral Katolik Maronit Paris
LokasiParis
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Maronit
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanEparki Paris (Maronit)

Katedral Katolik Maronit Paris yang bernama resmi Katedral Bunda dari Lebanon (Cathédrale Notre-Dame-du-Liban de Paris) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di sekolah Para Romo Yesuit Sainte-Geneviève di Arondisemen ke-5 di Paris, Prancis. Katedral ini adalah pusat kedudukan dan takhta bagi Eparki Katolik Maronit Bunda Maria dari Lebanon di Paris, bagian dari Gereja Maronit, untuk ibadah tradisi Katolik Timur. Katedral ini dibangun pada tahun 1893–94 oleh arsitek Jules- Godefroy Astruc.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dibangun sekitar tahun 1893–94 oleh arsitek Jules-Godefroy Astruc, diresmikan pada tanggal 13 Mei 1894, dialokasikan oleh sekolah Jesuit Fathers of Sainte-Geneviève di Paris, ditahbiskan untuk Bunda dari Lebanon, sebuah Gua Maria di Beirut, Lebanon. Mengikuti undang-undang Perancis tahun 1905 tentang Pemisahan Gereja dan Negara, Yesuit meninggalkannya. Itu kemudian ditugaskan pada tahun 1915 untuk ibadah Maronit. Pada tahun 1937, rumah Perancis-Lebanon dibangun di sekitar paroki. Renovasi atap, kanopi dan mawar dilakukan pada tahun 1990-1993

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gereja Bunda Maria Lebanon juga memiliki peran budaya selama 30 tahun, dengan label klasik Erato yang menampilkan sebagian besar rekaman mereka di gereja. Lebih dari 1.200 disc direkam, termasuk pemain suling Jean-Pierre Rampal, pemain terompet Maurice André dan orkestra kamar Jean-François Paillard.

Interior[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1984, atas saran fr:Robert Calle, direktur Curie Institute, di sebelahnya tempat itu diinvestasikan selama enam bulan oleh seniman Spanyol Miquel Barceló yang memasang bengkel sementara dan melukis rangkaian lukisannya di Louvre[1] dipaparkan pada tahun berikutnya di CAPC musée d'art contemporain de Bordeaux.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [Kolektif penulis, Miquel Barceló, buku gambar - Pameran di Galeri Nasional Jeu de Paume dan Centre Georges Pompidou, Paris, Jeu edisi de Paume dan MNAM 1996 (ISBN 2-908901-44-7 ), hal. 15-16.]