Bunda dari Lebanon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunda dari Lebanon
Bunda dari Lebanon
Ratu dan Pelindung Lebanon
Dihormati diGereja Katolik Roma
Gereja-Gereja Katolik Timur
Gereja Maronit
Gereja Katolik Yunani Melkit
Tempat ziarahTempat Ziarah Bunda dari Lebanon, Harissa, Lebanon
PestaHari Minggu Pertama di bulan Mei
AtributSanta Perawan Maria dengan tangan terulur, mahkota perunggu
PelindungLebanon dan Orang Lebanon

Tempat Ziarah Bunda Maria dari Lebanon (juga dikenal sebagai Bunda Maria dari Harissa, Arab: سيدة لبنان, Sayyidat Lubnān) adalah sebuah dan tempat ziarah Katolik yang terletak di desa Harissa di Lebanon.[1]

Tempat suci ini milik Patriarkat Maronit yang mempercayakan administrasinya kepada Kongregasi Misionaris Maronit Lebanon sejak didirikan pada tahun 1904 dan juga kepada Yesuit Lucien Cattin,[2] menurut Christian Taoutel (sejarawan Lebanon dari Universitas Saint Joseph). Ini adalah salah satu tempat suci terpenting di dunia untuk menghormati Maria, Bunda Yesus. Tempat ziarah ini ditonjolkan oleh patung perunggu besar seberat 15 ton. Tingginya 8,5 m dan diameter lima meter. Perawan Maria mengulurkan tangannya ke arah Beirut.

Tempat Ziarah Bunda Maria dari Lebanon menarik jutaan umat beriman baik Katolik, Ortodoks, Protestan maupun Muslim dari seluruh dunia. Yubileum ke-50 tahun 1954 juga merupakan peringatan seratus tahun berdirinya dogma Katolik Dikandung Tanpa Noda. Selama perayaan ini, Paus Pius XII mengirimkan wakilnya, Kardinal Angelo Roncalli (yang kemudian menjadi Paus Yohanes XXIII) ke Lebanon. Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Bunda Maria dari Lebanon pada tahun 1997.

Kongregasi Misionaris Maronit Lebanon, yang bertanggung jawab atas administrasi, berupaya memperkuat hubungan antara semua Gereja lokal, komunitas Kristen, dan gerakan kerasulan.

Umat Katolik Lebanon serta Druze dan Muslim memiliki devosi khusus kepada Maria, Bunda Yesus. Patriark Maronit Antiokhia menamainya "Ratu Lebanon" pada tahun 1908 setelah tempat ziarah tersebut selesai dibangun.[3] Menghadap ke teluk Jounieh, tempat ziarah ini telah menjadi daya tarik wisata utama di mana wisatawan menaiki lift gondola, Téléphérique, dari kota Jounieh hingga Harissa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Patung Bunda Maria dari Lebanon adalah patung buatan Perancis seberat 13 ton, terbuat dari perunggu dan dicat putih,[4] dari Perawan Maria. Didirikan pada tahun 1907 di atas sebuah bukit, 650 meter di atas permukaan laut, di desa Harissa, 20 km sebelah utara Beirut untuk menghormati Bunda Maria dari Lebanon. Tanah tersebut disumbangkan oleh Yousef Khazen.[5] Terdiri dari tujuh bagian yang dirangkai di atas dasar batu, yang memiliki keliling bawah 64m, keliling atas 12m, dan tinggi keseluruhan 20m. Tinggi patung 8,50m sedangkan diameternya 5,50m. Patung dan tempat ziarah ini diresmikan pada tahun 1908, dan telah menjadi tujuan ziarah utama. Patung itu disumbangkan oleh seorang wanita Perancis yang tidak disebutkan namanya.

Kunjungan Kepausan[sunting | sunting sumber]

Paus Yohanes Paulus II mengunjungi tempat ziarah tersebut ketika dia melakukan kunjungan resmi ke Lebanon pada tanggal 10 Mei 1997. Dia memimpin misa di Basilika modern. Pada tanggal 8 Desember 1998, Vatikan mengumumkan bahwa Hari Orang Sakit Sedunia akan dirayakan pada tanggal 11 Februari 1999, di Bunda Maria Lebanon di Harissa.[6] Paus Yohanes Paulus II berdoa agar Bunda Maria dari Lebanon yang telah menyaksikan penderitaan penderitaan rakyat Lebanon dapat membantu semua orang yang menderita di dunia.[7]

Paus Benediktus XVI meluncurkan seruan perdamaian di Lebanon dan Gaza dengan memohon perlindungan Bunda Maria dari Lebanon pada tanggal 28 Januari 2007. Beliau berkata, “Kepada umat Kristiani di Lebanon, saya mengulangi nasihat untuk menjadi pendukung dialog yang nyata antara berbagai komunitas, dan kepada semua orang saya memohon perlindungan Bunda Maria dari Lebanon."

Nuncio Apostolik untuk Lebanon serta kediaman empat patriark Gereja-Gereja Katolik Timur tinggal di sekitar tempat suci Bunda Maria dari Lebanon.[8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bunda Maria dari Lebanon". Santo Petrus & Paulus. Diakses tanggal 2021-09-15. 
  2. ^ Lucien Cattin le bâtisseur: un Jésuite suisse au service du Liban. Presses de l'Université Saint-Joseph. ISBN 978-614-8019-38-8. 
  3. ^ Lebanon
  4. ^ Jousiffe, Ann. Lebanon, halaman 146
  5. ^ "-yousef&catid=114&Itemid=216 Francis Abee Nader dan putranya Yousef". Khazen.org.
  6. ^ VII Hari Orang Sakit Sedunia, 1999< !-- Judul yang dibuat oleh bot -->
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Hari Orang Sakit Sedunia VII, 1999
  8. ^ Profil Diarsipkan 2007-10-08 di Wayback Machine.