Katedral Katolik Koptik Kairo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Katolik Koptik Kairo
Katedral Bunda Mesir
bahasa Arab Mesir: كاتدرائية سيدة مصر
Katedral Katolik Koptik Kairo
LokasiKairo
NegaraMesir
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Koptik)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturgereja
Administrasi
KeuskupanPatriarkat Katolik Koptik Aleksandria

Katedral Bunda Maria Mesir, juga disebut Katedral Katolik Koptik Kairo, adalah sebuah gereja katedral Katolik Koptik yang berlokasi di Jalan Mustafa Fahmi 39 di Kairo, Mesir.[1][2][3][4]

Katedral ini berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta bagi Patriarkat Katolik Koptik Aleksandria (Patriarchatus Alexandrinus Coptorum) yang dimulai pada tahun 1741 sebagai vikariat apostolik yang dibentuk oleh Paus Benediktus XIV. Statusnya ditingkatkan hingga sekarang pada tahun 1895 di bawah masa kepausan Paus Leo XIII dengan bulla kepausanChristi Domini".

Katedral ini berada di bawah tanggung jawab pastoral Patriark Ibrahim Isaac Sidrak.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cathédrale Notre-Dame d'Egypte". 
  2. ^ Mattson, Brent. "The B.C. Makalah Katolik - Berdoa untuk Mesir". www.bccatholic.ca. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-03. 
  3. ^ "Pertemuan Ekumenis di baru Katedral Bunda Maria Mesir, di Kairo (25 Februari 2000) | Yohanes Paulus II". w2.vatican.va. Diakses tanggal 2017-01-25. 
  4. ^ McPortl, Joanne (2016-12-13). "5 Hal-hal yang perlu diketahui tentang umat Kristen Koptik". Aleteia.org – Jaringan Katolik Sedunia Berbagi Sumber Daya Iman bagi mereka yang mencari Kebenaran – Aleteia.org. Diakses tanggal 2017-01-25.