Katedral Ibiza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ibiza
Katedral Bunda dari Salju
bahasa Katalan: Catedral de la Verge de les Neus
Katedral Ibiza
LokasiIbiza
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Ibiza

Katedral Ibiza yang bernama resmi Katedral Bunda dari Salju (bahasa Katalan: Catedral de la Verge de les Neus, Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de las Nieves) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Kota Ibiza, Spanyol (Eivissa). Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Ibiza.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota Tua Ibiza dengan Katedral

Pada tahun 1234, calon penakluk pulau tersebut, Guillermo de Montgrí, Peter dari Portugal dan Nuno Sanç, menandatangani perjanjian yang menetapkan bahwa mendirikan paroki yang didedikasikan untuk Santa Maria akan menjadi salah satu kewajiban pertama mereka setelah penaklukan. Hasilnya, paroki tersebut didirikan setelah Kota Eivissa direbut pada tanggal 8 Agustus 1235.

Struktur eksisting ini merupakan hasil berbagai perubahan pada bangunan aslinya, termasuk penambahan pada sisi timur yang meliputi menara lonceng berbentuk trapesium dan apse poligonal dengan lima kapel di dalamnya. Ini adalah bangunan yang sangat kokoh, dibangun dengan gaya Catalan Gotik pada abad ke-16.

Pada tahun 1435, gereja ini memiliki lima kapel, didedikasikan untuk Santo Yakobus dan Santo Mikael sang Malaikat Agung, untuk Santa Tekla dan Santo Antonius, kepada Santo Yohanes Pembaptis dan Santo Yohanes Penginjil dan kepada Santo Petrus dan Santo Paulus. Sebuah bagian tengah baru dibangun pada akhir abad ke-15, diakhiri dengan kapel Fonda yang dibuat oleh Francolins pada tahun 1538.

Pada abad ke-18, gereja ini mengalami renovasi besar-besaran karena kondisi strukturnya yang buruk. Karya-karya tersebut disutradarai oleh Jaume Espinosa dan Pere Ferro, yang merupakan obrers de la vila (Pembangun Kota). Renovasi berlangsung antara tahun 1715 dan 1728. Pada tahun 1782, Paus Pius VI mendirikan Takhta Episkopal Ibiza dan gereja abad pertengahan, direnovasi, menjadi katedral. Meski begitu, keuskupan ini tetap menjadi sufragan bagi Tarragona—seperti dulunya sebuah paroki—karena asal usul Catalan dari para penakluk lamanya.

Saat ini, katedral menyimpan banyak karya seni, di antaranya adalah beberapa karya terkenal: monstran Gotik dari perak emas, dibuat oleh Francesc Martí pada tahun 1399, dua panel Gotik Saint Tecla dan Saint Anthony, dilukis oleh Francesc Cornes pada abad ke-14, dan dua lainnya—dari abad ke-15—oleh master Valentí Montoliu yang mewakili Santo Yakobus dan Santo Matius.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 38°54′24″N 1°26′12″E / 38.90667°N 1.43667°E / 38.90667; 1.43667