Katedral Iași

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Iași
Katedral Bunda Maria Ratu Iași
bahasa Rumania: Catedrala Sfânta Fecioară Maria Regină din Iaşi
Katedral Iași
LokasiIași
NegaraRumania
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Peletakan batu pertama1992
Selesai2005
Spesifikasi
Tinggi36 m (118 ft 1 in)
Diameter38 m (124 ft 8 in)
Diameter kubah (luar)24 m (78 ft 9 in)
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Iași

Katedral Iași atau yang bernama resmi Katedral Bunda Maria Ratu Iași[1] (bahasa Rumania: Catedrala Sfânta Fecioară Maria Regină din Iaşi)[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Iași, di bagian timur laut negara Rumania.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral baru ini dibangun karena kapasitas Katedral Lama Santa Maria tidak mencukupi. Hingga tahun 1989, tujuan ini tidak dapat tercapai karena adanya perlawanan dari rezim komunis. Pada tanggal 15 Agustus 1990, peletakan batu pertama tempat suci baru dilakukan oleh Uskup Peter Gherghel, tetapi prefektur Iași memerintahkan penangguhan pekerjaan setelah beberapa bulan, dengan alasan bahwa gereja tersebut terlalu dekat dengan Via Mare Stefan, sehingga mempengaruhi jarak pandang. bangunan yang ada di area yang sama. Keuskupan kemudian mencari lokasi baru untuk katedral tersebut. Proyek baru ini dirancang oleh arsitek George Heres.

Pekerjaan dimulai pada bulan Agustus 1992, dan ruang bawah tanah gedung sudah layak digunakan untuk beribadah pada bulan Oktober 1993. Misa pertama diadakan di ruang bawah tanah pada Hari Natal tahun 1993. Katedral selesai dibangun pada bulan Juni 1998. Pada tahun-tahun berikutnya pekerjaan dilakukan untuk memperkuat atap dan menyelesaikan dekorasi eksterior dan interior. Peresmian altar dan konsekrasi Katedral Bunda Maria diadakan pada tanggal 10 November 2005, dengan Misa yang diselebrasi oleh 23 uskup dan dihadiri lebih dari 200 imam keuskupan dan lebih dari 3.500 umat beriman.

Pada tanggal 1 Juni 2019, Paus Fransiskus memimpin Misa singkat di Katedral Bunda Maria Ratu Iași, selama kunjungan pastoral di Rumania.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catedrala Sfânta Fecioară Maria Regină din Iaşi
  2. ^ "Catedrala "Sfânta Fecioară Maria, Regină" din Iaşi, una dintre mai mai frumoase catedrale din România". povestidecalatorie.ro. Diakses tanggal 22-06-2016. 
  3. ^ "Lumina Crestinului". www.ercis.ro.