Katedral Holguín

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Holguín
Katedral Santo Isidorus
bahasa Spanyol: Catedral de San Isidoro
Katedral Holguín
LokasiHolguín
NegaraKuba
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Holguín

Katedral Santo Isidorus [1][2] (bahasa Spanyol: Catedral de San Isidoro) disebut juga Katedral Holguín[3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Holguín, di pulau Karibia Kuba.[4] Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Holguín.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja pertama yang didedikasikan untuk San Isidoro (Santo Isidorus), dirancang oleh arsitek D. Diego de Ávila y de la Torre dan diberkati pada tanggal 3 April 1720 ketika Kuba masih di bawah kekuasaan Kerajaan Spanyol.

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Katedral San Isidoro saat ini, yang diresmikan sebagai gereja paroki antara tahun 1818 dan 1820, merupakan struktur konstruksi dengan huruf "T". Gereja ini ditingkatkan statusnya menjadi katedral pada tahun 1979 di bawah masa kepausan Paus Yohanes Paulus II dan secara resmi ditahbiskan pada tahun 1996. Katedral ini adalah bangunan kokoh dengan tiga pintu besar dan kolom tersembunyi serta pedimen di tengahnya yang membatasi gereja. tatapan. Moriscos interiornya memiliki langit-langit kayu yang dibuat dengan indah.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Isidore di Holguín
  2. ^ Obregón, Ángela C. Peña. Historia y arquitectura del Reparto La Quinta de El Llano, en el Holguín republicano neocolonial. Ediciones Holguin. ISBN 9789592212619. 
  3. ^ Salón de Premiados. Centro de Desarrollo de las Artes Visuales. 2005-01-01. 
  4. ^ Anak-anak, Matt D. Pemberontakan Aponte tahun 1812 di Kuba dan Perjuangan Melawan Perbudakan Atlantik. ISBN 9780807830581.