Katedral Hamilton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Hamilton
Gereja Katedral Santa Theresa dari Lisieux di Hamilton
Belanda: Cathedral of Saint Theresa of Lisieux
Katedral Hamilton
LokasiHamilton
NegaraBermuda
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Hamilton di Bermuda

Katedral Hamilton atau resminya bernama Katedral Santa Theresa dari Lisieux, atau Katedral Santa Theresa dari Bunga Kecil, biasanya disebut sebagai Katedral Santa Theresa, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Hamilton, di Wilayah Luar Negeri Inggris, Bermuda. Katedral ini merupakan pusat kedudukan Keuskupan Hamilton di Bermuda.[1]

Agama Katolik, bersama dengan denominasi lain yang tidak dianggap sebagai bagian dari Gereja Inggris dan agama non-Kristen, dilarang di Bermuda, seperti di wilayah Inggris lainnya, sejak masa pemukiman (1609 hingga 1612). Pemberian hak pilih bagi umat Katolik di Inggris dan koloni-koloninya menyusul penggabungan Kerajaan Irlandia ke dalam Kerajaan Britania Raya, untuk membentuk Kerajaan Britania Raya dan Irlandia pada tahun 1801. Roman Catholic Relief Act 1829 mengizinkan umat Katolik Inggris dan Irlandia untuk duduk di Parlemen.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Di Bermuda, gereja-gereja Presbiterian dan Metodis beroperasi bersama dengan Gereja Inggris. Undang-undang di Bermuda mengizinkan gereja mana pun yang beroperasi secara sah di Inggris untuk melakukannya di koloni tersebut. Meskipun Gereja Katolik Roma mulai beroperasi secara terbuka di Bermuda pada abad ke-19, para pastornya pada awalnya tidak diizinkan untuk melakukan pembaptisan, pernikahan, atau pemakaman. Dengan banyaknya tentara Katolik, khususnya dari Irlandia, yang bertugas di Garnisun Bermuda, Misa Katolik pertama dilakukan oleh pastor Angkatan Darat Inggris pada abad ke-19. Akademi Mount Saint Agnes, sebuah sekolah swasta yang dioperasikan oleh Gereja Katolik Roma, dan terletak di dekat katedral, dibuka pada tahun 1890 atas perintah petugas dari Resimen Kaki ke-86 (Royal County Down) (yang ditempatkan ke Bermuda dari tahun 1880 hingga 1883), yang telah meminta dari Uskup Agung Halifax, Nova Scotia sebagai sekolah untuk anak-anak tentara Katolik Irlandia.[2][3] jumlah umat Katolik juga mulai meningkat sejak tahun 1840-an dan seterusnya karena dorongan imigrasi pekerja dari pulau-pulau Portugis, seperti Azores. Saat ini, umat Portugis-Bermudian mewakili setidaknya sepuluh persen populasi, dan Gereja Katolik Roma adalah denominasi terbesar kedua, dengan lima belas persen populasi (Gereja Anglikan adalah yang terbesar, dengan dua puluh tiga persen, sementara seluruh Gereja Protestan, jika digabungkan, berjumlah lima puluh dua persen).[4][5]

Katedral ini ditahbiskan pada tahun 1932, dibangun di Cedar Avenue, di Hamilton, di atas tanah yang diperoleh pada tahun 1915 oleh Pastor Isaac Comeau.[6] Kemudian menjadi Katedral setelah berdirinya Keuskupan Hamilton di Bermuda pada tahun 1967. Dibangun dengan gaya yang mengingatkan pada arsitektur Iberia, bukan arsitektur tradisional Bermudian, atau Gaya Gotik katedral Anglikan. Dinamai untuk menghormati santa pelindungnya, Thérèse dari Lisieux, yang dikenal sebagai Bunga Kecil Yesus.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Paroki Katedral St Theresa". Keuskupan Hamilton di Bermuda. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Maret 2018. Diakses tanggal 1 Maret 2016. 
  2. ^ "Bermuda Online: Angkatan Darat Inggris di Bermuda dari tahun 1701 hingga 1977; 1881 hingga 1883". Diarsipkan dari versi asli tanggal 21-08-2014. 
  3. ^ "Situs web Akademi Mount St. Agnes: Sejarah". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-21. 
  4. ^ CIA World Fact Book: Bermuda
  5. ^ Adven Baru: Keuskupan Agung Halifax
  6. ^ Atraksi di Bermuda: Katedral St. Theresa