Katedral Hagåtña

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Hagåtña
Basilika Katedral Dulce Nombre de Maria
Spanyol: Catedral Basílica del Dulce Nombre de María
Katedral Hagåtña
13°28′27″N 144°45′09″E / 13.4743°N 144.7524°E / 13.4743; 144.7524Koordinat: 13°28′27″N 144°45′09″E / 13.4743°N 144.7524°E / 13.4743; 144.7524
LokasiHagåtña
NegaraGuam
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Tanggal konsekrasi1959
Arsitektur
StatusKatedral, basilika minor
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Agaña
Klerus
Uskup AgungMichael J. Byrnes

Katedral Hagåtña atau resminya bernama Basilika Katedral Dulce Nombre de Maria atau Dulce Nombre de Maria Cathedral Basilica (Spanyol: Catedral Basílica del Dulce Nombre de María) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Hagåtña, Guam. Katedral ini menjadi tempat kedudukan uskup agung dari Keuskupan Agung Agaña. Katedral ini terletak di lokasi di mana gereja Katolik pertama di pulau itu dibangun pada tahun 1669, di bawah bimbingan Padre San Vitores. Bangunan yang sekarang menjulang di atas pohon-pohon palem dan merupakan bangunan terkenal di pusat kota Hagåtña. Basilika mengabadikan gambar Santa Marian Kamalen, Pelindung Guam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendahulu dari basilika saat ini adalah sebuah kapel, atau capilla, yang dibangun dari kayu gelondongan kasar dan jerami nipah yang dibangun di sekeliling Plaza de España. Gereja adalah situs fokus di mana gedung administrasi dibangun. Dibangun di bawah arahan Padre Diego Luís de San Vitores, dengan bantuan Chamorros dari Hagåtña, itu didedikasikan pada tanggal 2 Februari 1669.[1]

Ratu Maria Ana menyumbangkan 300 peso dan Kepala Quipuha dari Hagåtña menyumbangkan tanah. Pada tahun 1670 sebuah bangunan yang lebih permanen didirikan. Dibangun dari batu koral dengan teknik mamposteria, pondasi struktural ini diperluas menjadi katedral. Di dalam struktur ini terdapat dinding, langit-langit, dan lantai yang terbuat dari kayu ifil. Sebuah lukisan dinding di dinding belakang menggambarkan Asumsi Santa Perawan Maria. Katedral aslinya dihancurkan oleh pengeboman pada tahun 1944 Pertempuran Guam Kedua.

Menurut sejarawan Benigno Palomo, pada tahun 1669, salah satu misi utama tentara dan misionaris Spanyol adalah untuk meninggikan "iman Katolik" dan bahwa "orang-orang yang tinggal di pulau dan tanah semacam ini, akan dan harus Anda bawa ke agama Kristen", dari RUU Pemisahan yang dikeluarkan oleh Paus Alexander VI.

Gereja lain dibangun di Funa dekat Umatac, di Tepungan oleh Asan, di Ritidian, di Tarrague, di Dededo dan di Orote. Awalnya, banyak dari gereja ini dihancurkan oleh Chamorros dalam upaya mereka untuk mendapatkan kembali kemerdekaannya. Yang lainnya dihancurkan oleh sebab-sebab alami. Selama bertahun-tahun, keluarga Chamorros secara bertahap menerima kepercayaan orang Spanyol sebagai milik mereka.

Sebelum perang, ada sembilan gereja dan 22 kapel di seluruh Guam. Kapel-kapel ini adalah tempat perlindungan kecil di antara desa-desa di mana orang dapat berdoa secara pribadi selama perjalanan panjang ke dan dari rumah. Semuanya hancur selama Perang Dunia II kecuali San Dionisio di Umatac, San Jose di Inarajan dan San Francisco di Yona.

Struktur katedral-basilika yang ada telah mencapai masa keemasannya 50 tahun setelah dibangun dan didedikasikan pada 20 April 1959. Basilika katedral berfungsi sebagai tengara lokal dan merupakan rumah bagi komunitas umat paroki yang secara teratur menghadiri Misa Minggu, liturgi suci, dan acara tahunan. Itu juga merupakan tempat di mana pengunjung Guam merangkul sejarah dan identitas Katolik yang kaya di pulau itu.

Museum Nasional Dulce Nombre de Maria terletak di atas Kapel St. Therese of Lisieux. Museum ini menampilkan pameran seni inspiratif yang terus berubah yang dibuat oleh seniman lokal.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carano, P., Sanchez, P.C. (1964). Sejarah Lengkap Guam. Tokyo: Charles E. Tuttle Co.p. 68.