Katedral Guasdualito

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Guasdualito
Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel
bahasa Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Carmen
Katedral Guasdualito
LokasiGuasdualito
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Guasdualito

Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel[1] (bahasa Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Carmen), juga Katedral Guasdualito,[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Guasdualito, Venezuela.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terletak di antara Jalan Bolivar dan Sucre dan Miranda Avenue. Guasdualito berada di dekat perbatasan dengan Kolombia dan Negara bagian Barinas, di kotamadya Paez, di distrik Metropolitan Alto Apure di bagian barat negara bagian Apure, di wilayah dataran Venezuela.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini dimulai sebagai gereja paroki ("Gereja Bunda Maria dari Gunung Karmel"). Loncengnya disumbangkan pada tahun 1940 sedangkan jam katedral disumbangkan oleh Vicenzo Guarino dari Italia pada tahun 1954. Pada bulan Februari 1948 katedral terkena kebakaran dan harus diperbaiki. Pada tahun 1988 bangunan ini mengalami perubahan signifikan pada strukturnya

Gereja memperoleh status katedral pada tahun 2015 dengan pemisahan yurisdiksi Keuskupan San Fernando de Apure (Dioecesis Sancti Ferdinandi Apurensis). Sekarang menjadi katedral ritus Romawi atau Latin, dan berfungsi sebagai pusat kedudukan Keuskupan Guasdualito yang merupakan sufragan dari Keuskupan Agung Metropolitan Mérida[3] dan dibuat berdasarkan keputusan Paus Fransiskus[4] pada 3 Desember 2015.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel di Guasdualito
  2. ^ C.A, Ignatz Quirón Redes Humanas. "Nueva Diócesis del Alto Apure y el padre Pablito ..:: IHS ::.. Compañia de Jesús". Diarsipkan dari versi asli tanggal 25-04-2016. 
  3. ^ Cheney, David M. "Guasdualito (Keuskupan) [Hierarki Katolik]". www.catholic-hierarchy.org. Diakses tanggal 2016-08-04. Templat:Sumber yang diterbitkan sendiri
  4. ^ "Rinunce dan nominasi". press.vatican. va. Diakses tanggal 2016-08-04.