Katedral Gravina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Gravina
Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Basilica Concattedrale di Maria SS. Assunta
Katedral Gravina
LokasiGravina
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Altamura-Gravina-Acquaviva delle Fonti

Katedral Gravina (bahasa Italia: Duomo di Gravina; Basilica concattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Gravina in Puglia, wilayah Apulia, Italia. Katedral tersebut sebelumnya merupakan tahta episkopal Keuskupan Gravina. Sejak tahun 1986, bersama dengan Katedral Altamura dan Katedral Acquaviva, katedral ini berfungsi sebagai kon-katedral Keuskupan Altamura-Gravina-Acquaviva delle Fonti.

Pada bulan Agustus 1993 Paus Yohanes Paulus II memberikan katedral tersebut status sebagai basilika minor.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah katedral dibangun di sini pada akhir abad ke-11 oleh Humphrey dari Hauteville, Count of Apulia dan Calabria, dan dengan demikian menjadi penguasa kota. Gereja ini dihancurkan pada tahun 1447-1456 oleh kebakaran yang diikuti oleh gempa bumi, setelah direnovasi dengan gaya Renaisans-Romawi. Dari gereja asal hanya tinggal beberapa ibu kota dan lukisan dinding Bizantium. Katedral yang sekarang dibangun tiga puluh tahun berikutnya, di bawah pengawasan uskup Matteo d'Aquino.

Fasad utama memiliki jendela mawar yang besar. Altarnya terbuat dari intarsia abad ke-17 dengan marmer polikrom dan ibu mutiara. Langit-langitnya dibingkai kanvas. Gereja ini memiliki altar yang diukir pada batu Bitonto (1468) oleh Guido da Guida. Ada San Michele (1538) yang diukir di mazzaro, batu lokal, dan dikaitkan dengan Stefano da Putignano. Di sepanjang bagian tengah utara terdapat lukisan dinding Bizantium Madonna del Piede. Kios paduan suara kayu ek dibuat pada abad ke-15 dan dibangun kembali oleh Uskup Antonio Maria Manzolio (1581-1593).

Sakristi yang berdekatan memiliki langit-langit yang direnovasi oleh uskup Manzolio, dan mesin cetak yang rumit. Menara lonceng ini dibangun dari menara pengawas Norman.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GCatholic.org
  2. ^ Comune of Gravina Diarsipkan 2016-06-05 di Wayback Machine., entri di Katedral.