Katedral Girardota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Girardota
Katedral Bunda Rosario
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Rosario
Katedral Girardota
LokasiGirardota
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Girardota

Katedral Bunda Rosario[1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Rosario) disebut juga Katedral Girardota[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di sisi timur taman utama kotamadya Girardota, di utara Lembah Aburrá, (Antioquia) di negara Kolombia di Amerika Selatan.[3] Katedral ini didedikasikan untuk Perawan Rosario.

Katedral ini merupakan bangunan bergaya Neo-Romawi, dibangun dari batu bata padat, membutuhkan waktu 32 tahun untuk dibangun dan dirancang oleh arsitek Perancis Charles Émile Carré (1863-1909), lebih dikenal sebagai Carlos Carré. Katedral ini

Pada awalnya, bangunan ini dimulai sebagai gereja paroki dan pada tahun 1988 diangkat menjadi katedral, ketika Paus Yohanes Paulus II dengan Bulla "Qui Peculiari" mendirikan Keuskupan Girardota menetapkan kotamadya ini sebagai kepala keuskupan baru.

Selain itu, katedral adalah salah satu situs ziarah utama di Lembah Aburrá, di dalamnya terdapat gambar Penguasa Girardota yang Jatuh. Dia dikreditkan dengan "ratusan mukjizat" dan para peziarah melakukan perjalanan ke sana untuk menepati janji mereka.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Rosario di Girardota
  2. ^ Proa: arquitectura, diseño, urbanismo, industrias. Ediciones Proa. 1996-01-01. 
  3. ^ Carré, Carlos. La obra de Carlos Carré di Kolombia. Banco de la República, Area Kebudayaan de Medellín. ISBN 9789589453186.