Katedral Fukuoka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Fukuoka
Gereja Katedral Bunda Kemenangan di Fukuoka
聖母の勝利司教座聖堂
Katedral Fukuoka
LokasiFukuoka
NegaraJepang
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiBunda Kemenangan
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Fukuoka

Katedral Fukuoka atau yang bernama lengkap Katedral Bunda Kemenangan [1] (Jepang: 聖母の勝利司教座聖堂) disebut juga Gereja Daimyomachi[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota dari Fukuoka,[3] Jepang. Katedral ini didedikasikan untuk Bunda Kemenangan.

Pada tahun 1896, sebuah gereja kayu kecil dibangun di lokasi dimana gereja yang sekarang berada. Pada tahun 1938, jumlah umat Katolik dari Fukuoka meningkat tajam, oleh karena itu perlunya perluasan gereja. Katedral ini dibangun kembali dan diperkuat dengan bata merah.

Pada tahun 1984 restrukturisasi gereja menjadi katedral dimulai. Katedral lamanya dirobohkan pada tahun 1986 dan sebuah gereja konkret moden dibangun di tempatnya. Altar utama menjadi satu-satunya bagian dari katedral tua yang dilestarikan.

Gereja ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan merupakan gereja utama dari Keuskupan Katolik Fukuoka[4] (Dioecesis Fukuokaensis; カトリック福岡教区) yang dibentuk pada tahun 1927 dengan brif kepausan Catholicae Fidei di bawah masa kepausan Paus Pius XI .

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Kemenangan (Gereja Daimyomachi)
  2. ^ "DIOCESE OF FUKUOKA". www.cbcj.catholic.jp. Diakses tanggal 2016-06-26. 
  3. ^ Donaghy, Greg; Roy, Patricia E. Impuls yang Kontradiktif: Kanada dan Jepang di Abad Kedua Puluh. UBC Press. ISBN 9780774858359. 
  4. ^ "Katedral DAIMYOMACHI di 2-7-7, Daimyo, Chuo-ku, fukuoka 810-0041 (Difilter oleh: 810-0041) Jepang". www.thecatholicdirectory.com.