Katedral Fossombrone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Fossombrone
Katedral Santo Agustinus dan Santo Aldebrandus
bahasa Italia: Concattedrale di Ss. Aldebrando e Agostino
Katedral Fossombrone
LokasiFossombrone
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Fano-Fossombrone-Cagli-Pergola

Katedral Fossombrone (bahasa Italia: Cattedrale di Sant'Aldebrando atau dei Santi Aldebrando e Agostino; Duomo di Fossombrone) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Piazza Mazzini di ujung Corso Garibaldi di pusat kota Fossombrone di provinsi Pesaro dan Urbino di wilayah Marche, Italia. Dulunya merupakan katedral Keuskupan Fossombrone, sejak tahun 1986 telah menjadi kon-katedral dari Keuskupan Fano-Fossombrone-Cagli-Pergola.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Situs gereja ini dulunya adalah biara Benediktin. Antara tahun 1776 dan 1784 gereja ini dibangun kembali sepenuhnya dengan gaya Neoklasik, kecuali campanile abad ke-15, oleh arsitek Cosimo Morelli. Ini memiliki fasad tengah yang tinggi dengan kolom-kolom monumental yang menopang timpani berbentuk segitiga. Interiornya berisi tiga bagian tengah dengan altar polikrom, terbuat dari marmer dan scagliola, dirancang oleh Nicola Vici. Altarnya menggambarkan: Madonna dan Anak bersama Santo Yusuf dan Fransiskus dan Madonna dan Kanak-kanak Yesus bersama Santa Anna oleh Giovanni Francesco Guerrieri; serta Madonna dan Anak bersama Saints Anne dan Aldebrandus oleh Claudio Ridolfi. Relung di dalamnya memiliki relief dengan gambar Perawan dan Anak, serta Santo Aldebrandus, Petrus, Paulus, dan Blaise. Organ ini dibuat pada tahun 1785 oleh Gaetano Callido, dengan restorasi pada tahun 1996–97.[1]

Di kapel pertama di sebelah kiri terdapat lukisan dinding abad ke-14 Madonna della Provvidenza karya Guido Palmerucci. Di kapel kedua di sebelah kiri terdapat keramik yang menggambarkan Santa Maria Goretti (1955) karya Angelo Biancini, yang juga membuat empat belas plakat keramik Via Crucis di sepanjang bagian tengah.

Di dekat apse terdapat Kapel Madonna Rosario (cappella Passionei) dengan altar marmer polikrom dan kanvas kecil yang menggambarkan keajaiban Rosario yang dilukis pada abad ke-18. Kapel ini menampung kanvas Guerrieri yang menggambarkan Perawan, Anak dan St Anne (1627). Di sisi lain gereja, Kapel Sakramen Kudus dirancang dan diselesaikan dari marmer dan scagliola oleh Eugenio Buffoni pada abad ke-19.

Altar utama menggambarkan Tritunggal Mahakudus oleh pelukis abad ke-18 yang tidak dikenal. Di bawah altar, sebuah guci berisi relik St Aldebrandus, pelindung kota. Sakristi memiliki pahatan altarpiece (1480) yang terbuat dari batu pasir oleh pematung Domenico Rosselli.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Turismo Marche, masuk ke gereja.