Katedral Foligno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Foligno
Katedral Santo Felcianus
bahasa Italia: Cattedrale di S. Feliciano V.M.
Katedral Foligno
LokasiFoligno
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Foligno

Katedral Foligno (bahasa Italia: Basilica Cattedrale di San Feliciano; Duomo di Foligno) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Piazza della Repubblica di pusat Foligno, Italia. Katedral, yang dibangun di situs basilika sebelumnya, didedikasikan untuk santo pelindung kota, martir Felicianus dari Foligno (San Feliciano), yang dimakamkan di sini pada tahun 251 Masehi. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Foligno. Berisi cathedra untuk Keuskupan Foligno.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun dengan gaya Romawi pada periode 1133–1201. Uskup Marco memulai pembangunannya pada tahun 1133. Gereja yang diperbarui ini ditahbiskan pada tahun 1149 oleh Kardinal Giulio di San Marcello.

Katedral ini memiliki dua fasad, fasad utama, atau bagian depan barat, menghadap ke Piazza Grande, dan fasad sekunder menghadap ke Piazza della Repubblica.[1] [2] Transept utara dan fasad sekunder ditugaskan pada tahun 1204 oleh Uskup Anselmo degli Atti, sebagaimana dibuktikan dengan prasasti di fasad. Transept selatan dibuka pada tahun 1513, memberikan gereja konfigurasi salib Latin yang sekarang.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bella Umbria". 
  2. ^ "Jadwal". Diarsipkan dari versi asli tanggal 20-10-2007.