Katedral Fiesole

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Fiesole
Katedral Santo Romulus
bahasa Italia: Cattedrale di S. Romolo
Katedral Fiesole
LokasiFiesole
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Fiesole

Katedral Fiesole (bahasa Italia: Cattedrale di San Romolo, Duomo di Fiesole), secara resmi bernama Katedral Santo Romulus dari Fiesole adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Fiesole, Toskana,Italia tengah. Ini adalah takhta Keuskupan Fiesole dan didedikasikan untuk Santo Romulus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral pertama Fiesole terletak lebih rendah di bawah bukit dibandingkan yang sekarang, dan menurut tradisi, dibangun di atas lokasi kemartiran Santo Romulus dari Fiesole. Pada tahun 1028[1] katedral yang sekarang didirikan oleh Uskup Jacopo dari Bavaria untuk menggantikannya, karena dia menginginkannya berada di dalam tembok kota. Katedral lama diubah menjadi biara Benediktin dan dikenal sebagai "Badia di Fiesole". Bangunan ini dibangun kembali pada tahun 1466 oleh murid Filippo Brunelleschi.[2] Bagian depannya, sudah berumur dari abad ke-11, masih dipertahankan. Ini berisi karya-karya awal yang terkenal oleh Mino da Fiesole. Biara ditutup pada tahun 1778.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hemans, Charles Isidore. Sejarah Kekristenan Abad Pertengahan dan Seni Suci di Italia. 1. hlm. 174. Diakses tanggal 28 November 2010. 
  2. ^  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Fiesole". Encyclopædia Britannica. 10 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 329.