Katedral Fidenza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Fidenza
Katedral Santo Domninus
bahasa Italia: Cattedrale di S. Donnino M.
Katedral Fidenza
LokasiFidenza
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Fidenza

Katedral Fidenza (bahasa Italia: Duomo di Fidenza; Cattedrale di San Donnino) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di pusat kota Fidenza, provinsi Parma, wilayah Emilia Romagna, Italia. Ini adalah takhta episkopal Keuskupan Fidenza, yang sampai tahun 1927 dikenal sebagai Keuskupan Borgo San Donnino. Fasad bawah mempertahankan dekorasi pahatan Romawi aslinya

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Interior katedral: patung kayu Santo Domninus dipenggal

Pembangunan katedral dimulai pada abad ke-12. Itu didedikasikan untuk Santo Domninus dari Fidenza, yang menjadi martir atas perintah Kaisar Maximian pada tahun 304 M. Peninggalan orang suci itu dibawa ke sini pada tahun 1207, dan diyakini disimpan dalam sebuah guci di ruang bawah tanah. Nama kota sebelumnya, Borgo San Donnino, diberikan untuk menghormati orang suci tersebut.[1]

Gereja ini selamat dari penjarahan dan penghancuran kota Fidenza pada tahun 1268. Bagian apse dan fasadnya diselesaikan beberapa dekade kemudian. Bagian atas fasadnya belum lengkap, namun bagian bawahnya, dengan tiga portal dan pahatannya, merupakan contoh bagus dari arsitektur Romawi, termasuk dua patung karya Benedetto Antelami[2] dan relief yang menggambarkan Sejarah St. Domninus. Interiornya sederhana dan proporsional, dan tidak rusak oleh restorasi. Patung di depan Katedral Rasul Simon Petrus terkenal karena menunjuk ke arah Roma. Fidenza sebenarnya adalah bagian dari Via Francigena. Kapel samping terus ditambahkan hingga abad ke-16.

Relief rendah lain dari sekolah Anthelami disimpan di apse dan di museum keuskupan Fidenza.[3][4] Program figuratif yang kompleks ini bersinggungan dengan Kemuliaan Kristus, episode Perjanjian Lama dan Baru, kehidupan Santo Domninus dan tradisi sejarah abad pertengahan lainnya, serta legenda dan gambar fantastis. Pictures mewujudkan sebuah buku iman Kristen, sebuah buku yang disusun dengan tujuan didaktik dan ditujukan kepada orang-orang beriman dan peziarah dari berbagai bahasa, budaya, atau buta huruf sama sekali. Hal ini biasa terjadi di katedral-katedral Katolik Roma pada Abad Pertengahan.

Altar yang menggambarkan Pemurnian Maria, oleh Andrea Mainardi (il Chiaveghino) dilukis untuk gereja sekitar tahun 1600.[5] Altar yang ditinggikan dapat diakses melalui serangkaian anak tangga marmer halus yang memperkenalkan paduan suara. kursi episkopal terletak di sisi barat altar, bukan di posisi selatan yang lebih lazim di gereja-gereja Modernis. Terletak di ujung altar, dua tangga yang memberikan akses ke ruang bawah tanah tempat relik suci orang suci ditampilkan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Borgo San Donnino". Encyclopædia Britannica. 4 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 250. 
  2. ^ Keuskupan Fidenza.
  3. ^ "Antelami-a-fidenza. rivivere la Passio di san donnino" [Antelami di Florence. Untuk menghidupkan kembali Sengsara Santo Donnino]. 
  4. ^ "Fidenza, un percorso alla scoperta delle opere di Benedetto Antelami per Parma 2020+21" [Fidenza, jalur budaya penemuan karya Benedetto Antelami di Parma 2020+ 21]. 
  5. ^ Museo del Duomo di Fidenza asp?IDCategoria=1946&IDSezione=8396&IDOggetto=&Tipo=GENERICO Diarsipkan 2017-02-02 di Wayback Machine., entri tentang pembangunan gereja.