Katedral Fermo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Fermo
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di Maria SS. Assunta di Cielo
Katedral Fermo
LokasiFermo
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Fermo

Katedral Fermo (bahasa Italia: Cattedrale metropolitana di Santa Maria Assunta di Cielo; Duomo di Fermo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Fermo, wilayah Marche, Italia, didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga. Katedral tersebut merupakan pusat keuskupan agung Keuskupan Agung Fermo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggalian arkeologi menunjukkan bahwa situs katedral itu dulunya adalah kuil kafir. Gereja pertama dihancurkan pada tahun 1176 selama kampanye Frederick I, Kaisar Romawi Suci. Dibangun kembali pada tahun 1227 di bawah perlindungan Giorgio da Como. Konstruksi dilakukan selama beberapa dekade berikutnya hingga menghasilkan fasad masa kini dengan elemen Romanesque dan Gotik dan dibangun di batu Istrian. Jendela mawar dipahat oleh Giacomo Palmieri pada tahun 1348. Relung portal memiliki patung perunggu Madonna of the Assumption oleh Nunzio Ucinelli. Atriumnya memiliki lukisan dinding dari abad ke-14 dan monumen pemakaman Giovanni Visconti d'Oleggio. Basis menara lonceng juga berasal dari gereja mula-mula.

Pada tahun 1781-1789, katedral ini direnovasi secara ekstensif, mengubah interiornya menjadi tata letak Neoklasik. Arsiteknya adalah Cosimo Morelli. Pintu perunggu gereja diselesaikan pada tahun 1980 oleh Aldo Sergiacomi. Interiornya berisi sarkofagus paleo-Kristen dari abad ke-3 hingga ke-4 yang terletak di ruang bawah tanah abad ke-13, dan ikon gaya Bizantium yang disumbangkan oleh Giacomo della Marca.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]