Katedral Esquipulas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Esquipulas
Gereja Katedral Basilika Minor Kristus Hitam dari Esquipulas
Spanyol: Catedral Basílica del Cristo Negro de Esquipulas
Katedral Esquipulas
LokasiEsquipulas
NegaraGuatemala
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Administrasi
KeuskupanPrelatur Teritorial Santo Cristo de Esquipulas

Katedral Esquipulas atau Katedral Basilika Minor Kristus Hitam dari Esquipulas (Spanyol: Basílica de Esquipulas atau Catedral Basílica del Cristo Negro de Esquipulas) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Esquipulas, Guatemala. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Prelatur Teritorial Santo Cristo de Esquipulas . Katedral ini didedikasikan untuk Gelar Yesus yaitu Kristus Hitam Esquipulas yang berada di dalam gereja. Katedral ini merupakan bangunan gereja Katolik Roma terbesar di Amerika Tengah dan Meksiko selatan dan satu-satunya di Amerika yang memiliki empat menara lonceng. Katedral ini juga mempunyai status katedral, basilika minor dan tempat perlindungan Katolik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Patung Kristus Hitam (El Cristo Negro) ditugaskan oleh penjajah Spanyol dan diukir pada tahun 1594 oleh Quirio Cataño di Antigua dan dipasang di gereja pada tahun 1595. Sejarah Basilika dimulai pada tahun 1735 , ketika seorang pendeta bernama Pastor Pedro Pardo de Figueroa mengalami kesembuhan ajaib setelah berdoa di depan patung. Ketika dia menjadi Uskup Agung Guatemala, dia menugaskan sebuah basilika untuk melindungi patung tersebut. Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1759. Gereja ini dikunjungi oleh sekitar 4,5 juta peziarah setiap tahunnya, termasuk 1,5 juta peziarah pada hari-hari menjelang festival pelindung pada tanggal 15 Januari dan festival pada tanggal 9 Maret yang menandai tanggal tersebut. kedatangan gambar tersebut di kota tersebut pada tahun 1595. Pada kunjungannya pada tahun 1840, antropolog John Lloyd Stephens menggambarkan gereja tersebut sebagai "satu-satunya objek yang menarik" di kota tersebut.[1]

Gereja ini dipromosikan ke status katedral oleh Paus Pius XII pada tahun 1956 sebagai kedudukan Prelatur Teritorial Santo Cristo de Esquípulas yang baru, yang merupakan prelatus pertamanya Mariano Rossell y Arellano (uskup agung senior Guatemala) berusaha untuk mendirikan sebuah biara Benediktin yang melekat pada katedral untuk merawatnya - biara ini didirikan pada tahun 1959 oleh tiga biarawan yang dikirim dari Biara Santo Yosef Benediktin di Louisiana. Ia juga berhasil mengajukan petisi kepada Paus Yohanes XXIII untuk mempromosikan gereja tersebut ke status basilika kecil pada tahun 1961. Gereja ini dikunjungi pada tanggal 6 Februari 1996 oleh Paus Yohanes Paulus II selama Kunjungan Apostoliknya yang kedua ke Guatemala untuk memperingati empat tahun. peringatan seratus tahun pemujaan Kristus Hitam.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Esquipulas Basilica". Sacred Destinations. Diakses tanggal 9 Desember 2017.