Katedral Dolianova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Dolianova
Katedral Santo Pantaleon
bahasa Italia: Cattedrale di San Pantaleo
Katedral Dolianova
LokasiDolianova
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Cagliari

Katedral Dolianova (bahasa Italia: Cattedrale di San Pantaleo; Duomo di Dolianova) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di pusat sejarah Dolianova, Sardinia, Italia. Ini adalah salah satu Bangunan Romawi utama di pulau itu. Dahulunya merupakan tahta episkopal Keuskupan Dolia, sekarang menjadi Kon-katedral di Keuskupan Agung Cagliari.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Situs gereja telah terhubung dengan ibadah Kristen sejak abad ke-6, sebagaimana dibuktikan oleh font pembaptisan Palaeo-Kristen yang bertempat di bawah presbiteri gereja. Keberadaan Keuskupan Dolia (nama kuno Dolianova) didokumentasikan dari tahun 1089 hingga 1503, ketika keuskupan tersebut digabungkan menjadi Keuskupan Agung Cagliari.[1] Katedral ini didirikan antara abad ke-12 dan ke-13.

Gereja ini bergaya Pisan-Romanesque dengan beberapa elemen Gotik (berasal dari tahap konstruksi terakhir, pada abad ke-13), dan dibangun dari batu pasir. Fasad, sisi, apse, dan menara lonceng dihiasi dengan pilaster dan Lombard band yang menampilkan berbagai motif pahatan, seperti pola geometris, figur manusia, dan hewan mitologi.

Interiornya memiliki bagian tengah dan dua lorong, dipisahkan oleh pilaster berbentuk salib, beberapa di antaranya bertipe polikolom Gotik. Patung ibu kota menggambarkan pemandangan Perjanjian Baru, seperti Kelahiran dan Adorasi Orang Majusi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dolia berlanjut sebagai nama lihat judul: cf [ http://www.catholic-hierarchy.org/diocese/d2d60.html Hierarki Katolik]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Coroneo, Roberto (1993). Architettura Romanica dalla metà del Mille al primo '300. Nuoro: Ilisso. ISBN 88-85098-24-X.