Katedral Djibouti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bunda dari Gembala Baik
Cathédrale Notre-Dame du Bon-Pasteur de Djibouti
Katedral Bunda dari Gembala Baik, Djibouti
LokasiDjibouti
NegaraDjibouti
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiBunda dari Gembala Baik
Administrasi
Keuskupan Agungsubyek langsung Takhta Suci
KeuskupanKeuskupan Djibouti

Katedral Bunda dari Gembala Baik[1] (Prancis: Cathédrale Notre-Dame du Bon-Pasteur de Djibouti) atau secara singkat disebut Katedral Djibouti, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Kota Djibouti, negara mayoritas Islam Djibouti. Katedral ini dibangun pada paruh kedua abad ke-20. Gereja katedral ini merupakan gereja utama yang berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Djibouti.[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dibangun pada tahun 1964[4] di bawah naungan Henri Hoffmann, Uskup Djibouti, di situs tempat gereja tua, Sainte-Jeanne-d'Arc, dihancurkan karena kesempitannya, di sepanjang Jalan Raya Republik. Katedral Djibouti merupakan gereja yang sangat kecil tetapi masih merupakan gereja utama kota Djibouti.

Katedral Djibouti didedikasikan pada 12 Januari 1964, oleh Kardinal Eugène Tisserant, dekan dari dewan para kardinal.

Katedral Djibouti berada di bawah perlindungan Bunda dari Gembala Baik dan di situlah letak takhta Uskup Djibouti.

Arsitektur monolitik katedral termasuk dalam gerakan modern. Katedral Djibouti dirancang oleh Joseph Müller, arsitek Colmar (Prancis), dan perwujudan dari Mr. Calcagnile Bad Gastein (Austria).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cathédrale Notre-Dame du Bon-Pasteur de Djibouti
  2. ^ Dubois, Colette; Soumille, Pierre (01-01-2004). Des chrétiens à Djibouti en terre d'islam (XIXe-XXe siècles) (dalam bahasa Prancis). Edisi KARTHALA. ISBN 9782845864917. 
  3. ^ Colette Dubois, Pierre Soumille, Des chrétiens à Djibouti en terre d'Islam, XIXe-XXe siècles, Karthala, Paris, 2004
  4. ^ "La petite Église de Djibouti - Cahiers libres". Cahiers libres (dalam bahasa Prancis). 2014-01-30. Diakses tanggal 2016-05-14.