Katedral Cuernavaca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cuernavaca
Katedral Maria Diangkat ke Surga
Spanyol: Catedral de la Asunción de María
Katedral Cuernavaca
LokasiCuernavaca
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cuernavaca

Katedral Cuernavaca yang bernama lengkap Katedral Maria Diangkat ke Surga (Spanyol: Catedral de la Asunción de María) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Cuernavaca, Morelos, Meksiko. Gereja dan biara di sekitarnya adalah salah satu dari biara awal abad ke-16 di sekitar gunung berapi Popocatepetl yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, dibangun awalnya untuk upaya evangelisasi masyarakat adat setelah Penaklukan Spanyol atas Kekaisaran Aztec. Pada abad ke-18, gereja biara mulai berfungsi sebagai gereja paroki kota dan pada akhir abad ke-19, statusnya diangkat menjadi katedral. Tidak seperti banyak katedral di Meksiko, katedral ini tidak menghadap alun-alun utama kota, melainkan terletak tepat di selatan, di kompleks temboknya sendiri, yang berbagi dengan sejumlah bangunan lainnya. Berbeda dengan bangunan biara lain pada masanya, pentingnya gereja ini memicu sejumlah proyek renovasi, yang terakhir dilakukan pada tahun 1957. Proyek ini menghilangkan sisa dekorasi interior lama dan menggantinya dengan dekorasi modern sederhana. Pekerjaan renovasi ini juga mengungkap mural abad ke-17 yang menutupi 400 meter persegi (4.300 sq ft) dinding bagian dalam dan menceritakan kisah Philip of Jesus dan dua puluh tiga misionaris lainnya yang disalib di Jepang.[1][2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Los monasterios en las laderas del Popocatépetl" [The monasteries on the sides of Popocatepel] (dalam bahasa Spanish). Catholic.net Inc. 2010. Diakses tanggal August 30, 2010. 
  2. ^ Ma. Eugenia Monroy (April 11, 1999). "Conventos de Morelos : Los pasos de la evangelizacion" [Monasteries of Morelos: The steps of the evangelization]. Reforma (dalam bahasa Spanish). Mexico City. hlm. 4.