Katedral Crema

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Crema
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Crema
LokasiCrema
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Crema

Katedral Crema (bahasa Italia: Duomo di Crema, Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Crema, Italia utara. Didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga, itu adalah tahta Keuskupan Crema.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral pertama di kota ini dihancurkan oleh Frederick Barbarossa pada tahun 1160. Sebuah bangunan baru dimulai pada tahun 1185, namun pembangunannya dihentikan pada tahun 1212, dan baru dimulai pada tahun 1284 namun pada Gaya Gotik . Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1340, dengan penambahan apse dan ruang bawah tanah yang diperpanjang pada tahun 1385.

Fasadnya bergaya Gotik khas Lombard, dengan satu portal di atasnya, di lunette, dengan patung Madonna dan Anak dan Saints Pantaleon dan Yohanes Pembaptis di atas dekorasi dengan wajah orang-orang kudus. Di atas portal terdapat jendela mawar marmer besar, diapit oleh jendela berjendela. Fasadnya berakhir di loggia dengan kolom marmer kecil.

Menara lonceng di sisi kanan berasal dari abad ke-14, sedangkan bagian atasnya berbentuk segi delapan berasal dari abad ke-17.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]