Katedral Cortona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cortona
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Cortona
LokasiCortona
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Arezzo-Cortona-Sansepolcro

Katedral Cortona (bahasa Italia: Duomo di Cortona, Concattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Cortona, Toskana, pusat Italia, didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga.[1] Ini adalah tempat kedudukan Uskup Cortona dari tahun 1507 hingga 1986, dan sekarang menjadi kon-katedral saat ini Keuskupan Arezzo-Cortona-Sansepolcro.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun di atas sisa-sisa kuil Romawi kuno dan disebutkan (sebagai gereja pieve, atau plebeian) pada abad ke-11. Pada tahun 1325 Keuskupan Cortona dibentuk dari wilayah Keuskupan Arezzo, tetapi katedral yang sekarang tidak dipilih pada tanggal tersebut sebagai tahta uskup, meskipun bangunan di sebelahnya digunakan sebagai kediaman uskup. .

Pada tahun 1507 Paus Yulius II menyelesaikan anomali tersebut dan memindahkan kursi uskup dari gereja pinggiran kota San Vincenzo. Seolah-olah sebagai persiapan untuk kepentingan barunya, interiornya telah direnovasi pada akhir abad ke-15.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Penampilan gereja abad pertengahan yang asli sebagian besar tersembunyi oleh penambahan-penambahan selanjutnya, seperti langit-langit barrel vault abad ke-18 di bagian tengah, yang dicat ulang pada akhir abad ke-19 oleh seniman lokal Giovanni Brunacci; pada periode yang sama jendela oval, gapura kemenangan, dan trotoar juga ditambahkan atau dibuat ulang. Elemen tertua yang terlihat terdapat pada fasad Romawi - sebuah dermaga dengan ibu kota, dan kolom-kolom kecil di sudutnya, dan bagian dari arcade besar.

Gereja ini memiliki bagian tengah tengah dan dua lorong, dipisahkan oleh kolom-kolom dengan ibu kota yang terinspirasi dari Brunelleschi. Sisi selatan memiliki loggia yang dibangun pada akhir abad ke-16. Menara lonceng berasal dari pertengahan abad yang sama.

Karya seni di bagian dalam termasuk Adoration of the Shepherds oleh Pietro da Cortona dan asistennya (c. 1663), Consecration of the Church of the Holy Saviour oleh Andrea Commodi (1607, dibawa ke sini pada akhir abad ke-18) dan Keturunan Roh Kudus oleh Tommaso Bernabei (1528-1529). Museum Keuskupan di kota ini berisi karya-karya yang dulunya ada di katedral, termasuk karya Pietro Lorenzetti Maestà (sebelum tahun 1320), dan permadani serta relik dari periode Renaisans.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Holder, Philancy N. (1992). Cortona dalam Konteks: Sejarah dan Arsitektur Kota Perbukitan Italia hingga Abad ke-17. HP Publishing. hlm. 178–181. ISBN 978- 0-9630517-0-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°16′35″N 11°59′03″E / 43.27639°N 11.98417°E / 43.27639; 11.98417