Katedral Comacchio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Comacchio
Katedral Santo Kasianus
bahasa Italia: Concattedrale di S. Cassiano Martire
Katedral Comacchio
LokasiComacchio
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Ferrara-Comacchio

Katedral Comacchio (bahasa Italia: Duomo di Comacchio; Cattedrale di San Cassiano), juga Basilika San Cassiano, adalah sebuah gereja katedral Katolik dan basilika minor didedikasikan untuk Santo Kasianus dari Imola (San Cassiano) di kota Comacchio, di provinsi Ferrara, Emilia-Romagna, Italia. Dulunya merupakan kursi para uskup Comacchio, sejak tahun 1986 menjadi kon-katedral di Keuskupan Agung Ferrara-Comacchio.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didedikasikan untuk pelindung kota, gereja ini berdiri di lokasi katedral kuno Romawi yang dibangun pada tahun 708 dan dirobohkan pada tahun 1694. Pembangunan katedral baru dimulai pada tahun 1659 di bawah Uskup Comacchio, Sigismondo Isei, dan akhirnya ditahbiskan pada tahun 1740. Pada tahun 1961 gereja ini dijadikan basilika minor oleh Paus Yohanes XXIII.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Fasad bata dengan beberapa batu Istria polos. Interiornya memiliki dua belas kapel, dan interiornya menampung kanvas abad ke-18 karya Biagio Bovi, salib kayu karya pematung abad ke-17 Germano Cignani, dan patung Santa Lucia abad ke-15. Apse ini menampung altar marmer abad ke-18 dan patung kayu Martyr Cassiano abad ke-16, pelindung kota dan keuskupan. Di atas portal masuk terdapat organ, dibangun pada tahun 1728 di Modena oleh Giovanni Domenico Traeri.

Menara lonceng ini dibangun pertama kali pada tahun 1751 oleh Giorgio Fossati namun runtuh pada tahun 1757. Rekonstruksi menara yang lebih rendah selesai pada tahun 1868.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Comune of Comacchio Diarsipkan 2015-06-20 di Wayback Machine., entry on churches.