Katedral Civita Castellana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Civita Castellana
Katedral Santa Maria Mayor
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Maria Maggiore
Katedral Civita Castellana
LokasiCivita Castellana
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Civita Castellana

Katedral Civita Castellana (bahasa Italia: Cattedrale di Santa Maria Maggiore atau Santa Maria di Pozzano) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Civita Castellana, pusat Italia. Ini adalah tahta episkopal Keuskupan Civita Castellana.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1185, di atas gereja yang sudah ada sebelumnya, dan diselesaikan dengan pembangunan serambi pada tahun 1210. Yang terakhir ini melibatkan intervensi keluarga arsitek dan pekerja marmer Romawi Cosmati.

Setelah mengalami kerusakan selama berabad-abad, pada abad ke-18 gereja ini dipugar total dan interiornya direnovasi dengan gaya Baroque. Kedua lorong tersebut diubah menjadi kapel samping, berkomunikasi satu sama lain, sehingga hanya menyisakan satu bagian tengah. Sebuah plakat di bagian luar gedung memperingati persinggahan Wolfgang Amadeus Mozart di Civita Castellana pada tanggal 17 Juli 1770: ia juga memainkan organ katedral pada misa hari Minggu pada hari itu.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Gereja ini didahului oleh serambi abad ke-13, yang arsitek-nya dulunya merupakan dekorasi mosaik dengan huruf-huruf berlapis emas. Saat ini hanya beberapa bagian dari yang terakhir yang dapat dilihat. Dua tiang tengah menopang lengkungan berbentuk bulat, yang di dalamnya terdapat tulisan “Gloria in excelsis Deo…”, sedangkan prasasti lain di bagian atas memuat nama perancang serambi, "IACOBUS CIVIS ROMANUS" ("James, warga negara Roma") dan tanggal eksekusi (1210). Dermaga tengah dan terakhir serambi dihiasi dengan simbol marmer Empat Penginjil, sedangkan di tengah lengkungan terdapat seekor domba, melambangkan Yesus Kristus.

Katedral ini memiliki tiga gerbang masuk. Yang di tengah diapit oleh empat kolom Korintus, dua di antaranya berdiri di atas singa marmer. Di bawah singa kanan terdapat gambaran seorang anak, lambang umat beriman memasuki gereja. Lunette di atas gerbang samping memiliki dekorasi mosaik Cosmatesque; lunette kanan juga mempunyai gambaran "Kristus yang Memberkati".

Katedral ini memiliki menara lonceng Romawi.

Altar tinggi

Interior[sunting | sunting sumber]

Gereja mempunyai satu bagian tengah, dengan kapel samping yang berkomunikasi satu sama lain. Bagian tengahnya berakhir dengan transept yang mendahului presbiteri yang ditinggikan, yang di bawahnya terdapat ruang bawah tanah. Di lengan transept terdapat dua altar Barok yang monumental: yang kanan didedikasikan untuk Madonna Cahaya, dan dilengkapi lukisan dinding abad ke-11; altar sebelah kiri didedikasikan untuk Madonna Rosario, dan memiliki kanvas abad ke-16 yang dikelilingi oleh 15 panel, yang menggambarkan misteri rosario.

Salah satu dari dua tembok pembatas abad ke-13 yang berdinding di ruang bawah tanah

Presbiteri adalah rumah bagi salah satu karya seni paling berharga di gereja, yaitu altar tinggi. Ini terdiri dari sarkofagus Romawi-PalaeoKristen abad ke-4 dengan tujuh relung yang dihiasi dengan episode-episode alkitabiah. Di ujung presbiteri, di atas paduan suara kayu, terdapat kanvas karya Pietro Nelli (Annunciation), sedangkan di sampingnya terdapat dua lukisan dinding Kebangkitan Yohanes dan Kemartiran St. Yohanes dan Marcianus.

Sebuah pintu di sisi kiri pastoran mengarah ke pidato Hati Maria, yang dibangun sebagai kapel pada abad ke-14. Ini menampung karya-karya penting abad pertengahan termasuk:

  • beberapa lukisan dinding abad ke-12 yang menggambarkan Madonna bersama Orang Suci, Malaikat, dan Orang Suci lainnya
  • bagian depan sarkofagus awal Abad Pertengahan (abad ke-9) dengan representasi pemandangan berburu
  • dua parapet Cosmatesque diapit oleh dua singa, aslinya berada di pastoran katedral, bertanggal c. 1231-1240.

Di bawah pastoran terdapat ruang bawah tanah, dengan kubah silang, yang berasal dari abad ke-12 tetapi kemudian diperbarui. Di dalamnya terdapat dua marmer Renaisans ciboria, awalnya berada di pastoran tetapi ditembok di sini selama pekerjaan renovasi abad ke-18.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Rossi, P. (1986). Civita Castellana e le chiese medievali del suo territorio. Rome. 
  • Cardinali, A. (1935). Cenni storici della chiesa cattedrale di Civita Castellana. Rome.