Katedral Ciudad Guayana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ciudad Guayana
Pro-Katedral Bunda Maria Fatima
Spanyol: Pro-catedral de Nuestra Señora de Fátima
LokasiCiudad Guayana
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
Statuspro-katedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Ciudad Guayana

Pro-Katedral Bunda Maria Fatima[1] (Spanyol: Pro-catedral de Nuestra Señora de Fátima)[2] disebut juga Pro-Katedral Ciudad Guayana adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Ciudad Guayana[3] (Dioecesis Civitatis guayanensis) di Puerto Ordaz,[4] dekat dengan Guayana Avenue, bagian dari Ciudad Guayana di Negara bagian Bolívar di sebelah timur negara Venezuela di Amerika Selatan.

Sesuai dengan namanya, didedikasikan kepada Perawan Maria dalam gelarnya Bunda Maria dari Fatima, yang sangat populer baik di Portugal dan Venezuela. Ini di bawah pelayanan pastoral Uskup Mariano José Parra Sandoval. Gereja ini dinaikkan statusnya menjadi pro-katedral pada tanggal 20 Agustus 1979 oleh Paus Yohanes Paulus II melalui banteng Cun Nos. Kuil ini dikunjungi oleh Paus sendiri pada tanggal 29 Januari 1985, selama turnya ke beberapa wilayah di Venezuela.

Ada sebuah monumen yang didedikasikan untuk Yohanes Paulus II di sekitar gedung.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pro-Katedral Bunda Maria Fatima di Ciudad Guayana
  2. ^ "Iglesia católica da inicio a la Semana Santa". www.primicia.com.ve. Diakses tanggal 2016-08-04. 
  3. ^ "Diócesis de Ciudad Guayana meresmikan el Año Jubilar Extraordinario de la Misericordia | Reporte Católico Laico". reportecatolicolaico.com. Diakses tanggal 2016-08-04. 
  4. ^ Delgado, Luisángela. "El Diario de Guayana - Pastoral Juvenil mengundang peregrinación". www.eldiariodeguayana.com.ve. Diakses tanggal 2016-08-04.