Katedral Ciudad Bolívar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ciudad Bolívar
Katedral Santo Tomas
Spanyol: Catedral de Santo Tomás
Katedral Ciudad Bolívar
LokasiCiudad Bolívar
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Ciudad Bolívar

Katedral Santo Tomas [1] (Spanyol: Catedral de Santo Tomás de Ciudad Bolívar), juga disebut Katedral Ciudad Bolívar,[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di seberang Lapangan Bolívar di Ciudad Bolívar, ibu kota Negara Bagian Bolívar di wilayah Guayana di selatan Venezuela.

Sebelumnya berfungsi sebagai katedral Keuskupan Santo Tomas de Guiana, yang didirikan pada tahun 1790 oleh Paus Pius VI dengan dukungan Raja Charles IV dari Spanyol. Kota pada saat itu dikenal sebagai San Tomás de la Nueva Guayana.

Gedung gereja baru selesai dibangun pada tahun 1841.[3] Secara resmi ditahbiskan pada tahun 1896, dan antara tahun 1966 dan 1986 diubah agar sesuai dengan rencana awal. Menaranya memiliki ketinggian 44 meter dan memiliki patung yang didedikasikan untuk St. Thomas.

Keuskupan Agung Ciudad Bolívar (Archidioecesis Civitatis bolivarensis) dinaikkan statusnya menjadi keuskupan agung metropolitan melalui banteng Magna quidem dari Paus Pius XII pada tanggal 21 Juni 1958, dan Paus menunjuk kursi uskup agung pada waktu itu.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catedral de Sto. Tomás en Ciudad Bolívar
  2. ^ ""Inventario del Patrimonio Turístico del Estado Bolívar" ("Inventaris Warisan Pariwisata Negara Bagian Bolivar")" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-06-05. 
  3. ^ Fernández, Américo. "110 años de la Consagración de la Catedral de Ciudad Bolívar". Diakses tanggal 2016-06-26. 
  4. ^ "Día de Santo Tomas Apóstol, Patrono de la Catedral | Catedral Metropolitana de Ciudad Bolívar". www.catedraldeciudadbolivar.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-23. Diakses tanggal 2016-06-26.