Katedral Cingoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cingoli
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Cingoli
LokasiCingoli
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Macerata-Tolentino-Recanati-Cingoli-Treia

Katedral Cingoli (bahasa Italia: Cattedrale di Cingoli; Duomo di Cingoli; Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Cingoli, provinsi Macerata, wilayah Marche, Italia. Itu berdiri di piazza pusat di seberang balai kota.

Dulunya merupakan takhta uskup Cingoli dari tahun 1725, sejak tahun 1986 menjadi salah satu katedral di Keuskupan Macerata-Tolentino-Recanati-Cingoli-Treia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral yang sekarang berdiri di lokasi gereja sebelumnya yang didedikasikan untuk Juru Selamat Suci (Santissimo Salvatore) yang dibongkar pada awal abad ke-17 untuk dijadikan bangunan baru (bagian depan barat dari gereja sebelumnya memiliki telah dilestarikan di sisi utara yang sekarang). Gereja baru ini dirancang oleh arsitek Ascanio Passeri; pengerjaannya dimulai pada tahun 1615 dan berakhir pada tahun 1654. Statusnya ditingkatkan menjadi katedral pada tahun 1725 oleh Paus Benediktus XIII dan dedikasinya diubah pada saat yang sama menjadi Maria Diangkat ke Surga (Santa Maria Assunta).

Tata letaknya memiliki satu bagian tengah dengan tiga apse, sedangkan fasadnya memiliki dasar batu putih dan sisanya dari batu bata. Relung eksterior kosong.

Setengah kubah interior apse diberi lukisan dinding pada tahun 1939 oleh Donatello Stefanucci. Lukisan dinding tersebut menggambarkan Maria Diangkat ke Surga bersama para Santo Esuperanzio dan Sperandia, santo pelindung kota, dengan gambaran dua belas sakramen, dan persaudaraan katedral, mengenakan pakaian putih dan merah. kebiasaan. Lukisan dinding lainnya menggambarkan Yesus dan Khotbah di Bukit.

Gereja mempunyai kanvas yang menggambarkan Sant'Albertino (abad ke-16) oleh pelukis anonim dan Kematian St Cajetan oleh Pier Simone Fanelli, selain cenotaph abad ke-19 dibuat dengan scagliola oleh Ampelio Mazzanti. Ada juga monumen karya pematung Pietro Tenerani untuk Paus Pius VIII,[1] yang merupakan dermawan katedral.

Jenazah santo Bonfilius, seorang biarawan abad ke-11 dan uskup Foligno, telah dikebumikan di katedral pada tahun 1726 di bawah masa kepausan Benediktus XIII.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tourism office of Macerata Diarsipkan 2016-11-25 di Wayback Machine., by Fondazione Cassa di Risparmio Provincia di Macerata, entry on the church.
  2. ^ Nicolini, Ugolino. "BONFIGLIO, santo". Dizionario Biografico degli Italiani - Volume 12 (1971). 

Koordinat: 43°22′25″N 13°12′59″E / 43.373722°N 13.216320°E / 43.373722; 13.216320