Katedral Chihuahua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Chihuahua
Katedral Metropolitan Salib Suci, Bunda Maria dari Regla dan Santo Fransiskus dari Assisi
bahasa Spanyol: Catedral de Chihuahua
Katedral Chihuahua
LokasiChihuahua
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Chihuahua

Katedral Chihuahua yang bernama resmi Katedral Metropolitan Salib Suci, Bunda Maria dari Regla dan Santo Fransiskus dari Assisi (bahasa Spanyol: Catedral de Chihuahua) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Kota Chihuahua, Chihuahua, Meksiko. Katedral ini mungkin dianggap sebagai contoh terbaik arsitektur kolonial di Meksiko Utara[1] dan dibangun antara tahun 1725 dan 1792.[2] Katedral ini merupakan tempat pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Chihuahua. Pada 2013, uskup agungnya ialah Constancio Miranda Weckmann.

Gaya dan arsitektur[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini terletak di Plaza de Armas. Katedral ini dirancang dengan gaya Barok Spanyol, dan berbentuk salib latin, dengan kubah di atas persimpangan.

Fasad gereja ini menarik karena melibatkan penggunaan kolom solomonik yang tidak banyak digunakan di Spanyol Baru pada saat itu. Ini memiliki jendela segi delapan yang dikirim dari Jerman dan dianggap sebagai spesimen bagus dari seni pembuat kaca. Selain itu, bagian depannya berisi kumpulan monumen perayaan dua belas rasul, dengan jam di atasnya, dimahkotai dengan patung malaikat yang ditambahkan pada abad ke-19. Lambang kerajaan Spanyol menempati area di bawah malaikat, namun dihapus oleh arsitek José Félix Maceira pada tahun 1874 dan jam, yang diperoleh di London, ditambahkan, sehingga membuat fasad terlihat seperti sekarang.[3]

Panti umat dipisahkan dari ruang rawat jalan oleh lengkungan yang menopang langit-langit besar, dan memiliki kapel baptisterium yang bagus di sisi kanan, atau utara, tepat di dalam narteks. Tepat di seberangnya, di sisi selatan, di dalam Kapel Kristus Mapimí, terdapat makam St Peter of Jesus Maldonado , seorang imam dan martir yang ditahbiskan di Paroki Katedral Santo Patrick di El Paso, Texas, dan dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2000 Kapel dihiasi dengan retablo, atau reredos abad ke-18 yang berisi gambar Kristus yang dihormati, yang di dalamnya terdapat elemen Primitif dan Barok bercampur. Kansel berisi altar ganda yang tidak biasa, di mana altar yang lebih kecil dari Carrara marmer dimasukkan ke dalam altar batu tambang lokal yang lebih besar, setelah gereja dibangun. Organ di galeri timur dibangun pada tahun 1885 oleh Hook and Hastings, Op. 1244 (2 manual, 18 register), dan dibangun kembali serta diperluas oleh EF Walcker & Cie. pada tahun 1960. Instrumen Hook dan Hastings, pada gilirannya, menggantikan George Jardine organ yang dibuat pada tahun 1837, dan dibangun kembali oleh Jardine pada tahun 1869.

Kapel Sakramen Maha Kudus, dengan desain barok dan rococo, dicapai melalui sebuah pintu di sisi selatan bagian tengah. Patung di atas pintu masuk menggambarkan Bunda Maria dari Regla dan para pemohonnya, Ss Fransiskus dari Assisi dan Rita dari Cascia, pelindung kota, di atas Ibrani Shadrach, Meshach dan Abednego di dalam tungku api (lihat ilustrasi di bawah). Museum Seni Suci terletak di ruang bawah tanah, bersebelahan dengan makam masa lalu prelatus keuskupan agung. Museum ini menampilkan koleksi lukisan karya seniman terkenal era Kolonial seperti Miguel Cabrera, José de Alcíbar, José de Páez dan Antonio de Torres; potret Paus Yohanes Paulus II dan para wali kota Chihuahua juga terwakili. Takhta yang digunakan oleh Paus selama Misa tahun 1990 di Chihuahua dan katedra mantan uskup agung yang besar dan penuh hiasan serta kanopinya dipajang, begitu juga dengan yang kontemporer lukisan katedral dan beberapa patung orang suci seukuran aslinya, beberapa di antaranya berusia dua abad.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ AAA 2007 Mexico Tourbook, hal. 166, AAA Publishing, Heathrow, FL
  2. ^ "CATEDRAL, TESTIGO DE LA HISTORIA. LA CONSTRUCCIÓN DE LA NUEVA PARROQUIA, HOY CATEDRAL". catedraldechihuahua.blogspot.com. 
  3. ^ "Lampiran III.", Dictionnaire de philosophie ancienne and moderne, Percetakan Universitas Laval, hlm. 374–375, 2021-06-16, diakses tanggal 2023-06-27