Katedral Cesena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cesena
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Giovanni Battista
Katedral Cesena
LokasiCesena
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cesena-Sarsina

Katedral Cesena (bahasa Italia: Duomo di Cesena, Cattedrale di San Giovanni Battista) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Cesena, Italia. Katedral tersebut telah menjadi tahta episkopal Keuskupan Cesena-Sarsina saat ini sejak tahun 1986, dan sebelumnya merupakan Keuskupan Cesena.

Pembangunan katedral, untuk menggantikan yang lebih tua, disahkan oleh bulla kepausan dari Paus Urbanus VI pada tahun 1378. Pekerjaan tersebut dimulai pada tahun 1385 dan dibayar atas kemurahan hati Andrea Malatesta , penguasa kota. Bangunan ini selesai dibangun sekitar tahun 1405. Konstruksinya, dengan gaya Romanesque-Gotik, dilakukan oleh arsitek Undervaldo (mungkin Swiss).

Campanile (menara lonceng) dibangun antara tahun 1443 dan 1457 sesuai desain Maso di Pietro dan didanai oleh Uskup Antonio Malatesta da Fossombrone (uskup Cesena dari tahun 1435 hingga 1475).

Gambar kuno gereja San Severo yang hancur dalam foto oleh Paolo Monti, 1972.

Uskup Malatesta yang sama bertanggung jawab atas pembangunan Istana Uskup yang bersebelahan dengan katedral, yang diselesaikan oleh penggantinya Giovanni Venturelli (1475–1486).

Setelah pembangunan kembali secara radikal pada tahun 1960-an, satu-satunya bagian asli yang masih bertahan dari struktur ini adalah sisa pintu di sisi timur. Juga berasal dari periode Renaisans adalah Kapel Santo Tobias di sebelah katedral, sekarang digunakan sebagai museum katedral. Namun, rumah sakit lama bernama sama yang memberikan bantuan kepada jamaah haji sudah tidak ada lagi.

Bagian depan katedral baru selesai dibangun pada akhir abad ke-15 dengan karya-karya yang dikaitkan dengan arsitek Venesia Mauro Coducci (1440–1504).

Jenazah Saint Maurus dari Cesena (w. 946) disimpan di sini, di Altar Santo Yohanes, salah satu patung terbesar Cesena yang diproduksi antara tahun 1494 dan 1505 oleh Lombard pematung Giovanni Battista Bregno da Osteno.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]