Katedral Cervia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cervia
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Cervia
LokasiCervia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Ravenna-Cervia

Katedral Cervia (bahasa Italia: Duomo di Cervia; Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Cervia, di provinsi Ravenna, wilayah Emilia-Romagna, Italia.

Ini adalah bekas tahta episkopal Keuskupan Cervia dan sejak tahun 1986 telah menjadi katedral bersama Keuskupan Agung Ravenna-Cervia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Uskup Francesco Riccamonti memulai pembangunan struktur Barok pada tahun 1699, yang pada tahun 1702 ditahbiskan dan didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga (Santa Maria Assunta). Fasadnya tetap tidak lengkap tanpa lapisan marmernya. Arsiteknya adalah Francesco Fontana, putra arsitek Romawi terkenal Carlo Fontana.

Gereja ini bersebelahan dengan istana Uskup (1702) dan pada tahun 1750 dihubungkan dengan menara lonceng. Tata letaknya berbentuk salib Latin dengan enam kapel. Di antara altar adalah Madonna dan Anak, yang digambarkan sebagai Madonna della Neve, dikaitkan dengan Barbara Longhi, sebuah karya yang aslinya dari bekas chiesa della Madonna della Neve, dari Cervia Vecchia. Ada juga Santo Yosef dan Anak Yesus oleh pengikut Guercino. Altar utama dari marmer polikrom berasal dari gereja San Domenico yang telah didekonsekrasi di Forlì, memiliki altar yang menggambarkan Madonna of the Assumption antara Saints Nicola dan Bartholomew, oleh Giovanni Barbiani.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Comune of Cervia, kantor pariwisata.