Katedral Celje

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Celje
Katedral Santo Daniel
bahasa Slovenia: celjska stolnica
Katedral Celje
Katedral Celje di Slovenia
Katedral Celje
Katedral Celje
Koordinat: 46°13′38″N 15°15′53″E / 46.2272°N 15.2648°E / 46.2272; 15.2648
LokasiCelje
NegaraSlovenia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiDaniel
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Celje

Katedral Celje (bahasa Slovenia: celjska stolnica) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Celje, Slovenia. Katedral ini didedikasikan kepada Nabi Daniel. Katedral ini telah menjadi pusat keuskupan Keuskupan Celje sejak pembentukan keuskupan tersebut pada tahun 2006.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pada awal abad ke-12, terdapat basilika kecil di situs tersebut. Pada tahun 1306, bangunan ini digantikan oleh bangunan yang sekarang, yang berfungsi sebagai gereja biara yang pada Abad Pertengahan berdiri di pinggir kota. Pada tahun 1379 atap rib vault dibuat. Gereja ini diubah beberapa kali hingga abad ke-16. Pada tahun 1413 kapel Gotik di Mater Dolorosa ditambahkan, yang diresmikan pada tahun 1420 oleh uskup Freising, Hermann von Cilli .[1] Di sini terletak Pietà kayu berukir, yang merupakan harta utama gereja.

Bagian tengah tiga lorong memiliki atap datar dan ruang terpisah untuk penggunaan biarawati secara terpisah. Langit-langitnya dihiasi dengan lukisan dinding dari abad ke-15, tetapi lukisan dinding paduan suara lebih tua daripada lukisan dinding bagian tengah: pecahan sosok Kristus di tengah langit-langit paduan suara bahkan mungkin berasal dari abad ke-14. Lukisan dinding lainnya menggambarkan Tiga Raja.

Selama periode Baroque, kapel Fransiskus Xaverius yang didekorasi dengan cerah ditambahkan.

Lukisan mimbar gereja dibuat oleh Michael Rosenberger, seorang seniman yang merestorasinya pada tahun 1851. Pada tahun 1858 gereja tersebut diberi penampilan Kebangkitan Gotik seperti sekarang. Berbagai batu nisan dari Abad Pertengahan dan Renaisans (hingga abad ke-17) menghiasi dinding bagian dalam dan luar.

Uskup Freising ke-39, Hermann von Cilli, yang meninggal di Celje pada 13 Desember 1421 setelah operasi, dimakamkan di gereja tersebut. Monumennya sekarang berada di pastoran di sisi Injil.[2]

Setelah reformasi liturgi, jendela kapel Bunda Allah digantikan oleh jendela modern berwarna-warni.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mittheilungen der Kaiserl. Konigl. Komisi Zentral untuk Denkmalpflege di Wien, K.K. Hound- und Staatsdruckerei, 1901, hal.227
  2. ^ Mittheilungen der Kaiserl. Konigl. Komisi Zentral untuk Denkmalpflege di Wien, K.K. Hof- und Staatsdruckerei, 1901, hal. 227.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]