Katedral Celaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Celaya
Katedral Dikandung Tanpa Noda
Spanyol: Catedral de la Purísima Concepción
Katedral Celaya
LokasiCelaya
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Celaya

Katedral Dikandung Tanpa Noda[1] (Spanyol: Catedral de la Purísima Concepción), juga disebut Katedral Celaya, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Celaya[2] di Meksiko.[3]

Kapel San Francisco didirikan oleh Ordo Fransiskan, yang menginjili di tempat itu, yang awalnya membangun sebuah kapel kecil dengan ukuran yang lebih kecil, serta biara yang terpasang. Batu pertama gereja ini didirikan pada tanggal 2 Februari tahun 1683. Katedral Celaya bukanlah Kapel San Francisco. Katedral ini terletak di sisi kapel Fransiskan yang disebutkan di atas dan telah dikelola selama bertahun-tahun oleh pastor diosesan.

Kemajuan dalam pekerjaan ini berjalan lambat; pada tahun 1715 kubah telah ditutup, dan pada tahun 1725 menara tersebut selesai dibangun.

Direnovasi pada awal abad ke-19, dan pada awal abad ke-20. Itu juga mengalami kebakaran, di mana renovasi terakhir dilakukan, yang di dalamnya ditambahkan organ Jerman yang bagus, ditempatkan di bagian paduan suara.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Dikandung Tanpa Noda di Celaya
  2. ^ La iglesia Catedral de Celaya: aportación documental sobre su construucción (1651-1854). publisher tidak teridentifikasi. 2005-01-01. 
  3. ^ Guanajuato (México): Guía de viaje del Estado de Guanajuato (México).