Katedral Casale Monferrato

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Casale Monferrato
Katedral Santo Evasius dan Santo Laurensius
bahasa Italia: Cattedrale di S. Evasio e S. Lorenzo
Katedral Casale Monferrato
LokasiCasale Monferrato
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Casale Monferrato

Katedral Casale Monferrato (bahasa Italia: Duomo di Casale Monferrato; Cattedrale di Sant'Evasio) adalah gereja katedral Katolik yang terletak di Casale Monferrato, provinsi Alessandria, Piemonte, Italia, didedikasikan untuk Santo Evasius. Ini adalah tahta episkopal Keuskupan Casale Monferrato.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Struktur Romawi dan Gotik saat ini pertama kali ditahbiskan pada tahun 1107 atau 1108, tetapi sebuah gereja sebelumnya dari abad ke-9 berdiri di lokasi tersebut.

Katedral memiliki narthex. Bagian dalamnya memiliki lima bagian tengah, yang bagian tengahnya ditandai dengan kolom polikrom tinggi yang menjulang dua lantai. Langit-langitnya diberi lukisan dinding, terkadang berwarna biru langit.

Di selatan, kapel pertama menampung kelompok patung marmer abad ke-18 yang menggambarkan Ekstasi Maria Magdalen oleh Giovanni Battista Bernero. Sebuah kolom kecil bermonogram dengan tanda Kristus adalah tempat santo pelindung kota, Evasius, menjadi martir. Tradisi menyatakan bahwa jika seseorang menempelkan telinganya ke tiang, darah orang suci dapat didengar mengalir.

Lengan selatan transept terbuka ke arah Kapel Saint Evasius yang berbentuk elips (1793), sebuah fitur Barok yang menyimpan relik sang santo dalam sebuah patung perak, yang dipulihkan meskipun dijarah. Apse katedral memiliki salib abad ke-11. Langit-langit apse diberi lukisan dinding oleh Costantino Sereno, yang menggambarkan Kristus dalam Kemuliaan bersama Malaikat.

Di belakang gereja terdapat museum karya seni keagamaan.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Comune of Casale Monferrato, masuk ke gereja.