Katedral Casablanca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Casablanca
Église du Sacré-Cœur de Casablanca
Katedral Casablanca
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
RitusRitus Latin
Ecclesiastical or organizational statusKatedral
StatusInaktif
Lokasi
LokasiCasablanca, Maroko
KoordinatKoordinat: 33°35′28″N 7°37′28″W / 33.59111°N 7.62444°W / 33.59111; -7.62444
Arsitektur
TipeGereja
Gaya arsitekturArt Deco

Katedral Casablanca (Arab: كاتدرائية الدار البيضاء, Prancis: Cathédrale de Casablanca), atau Gereja Hati Kudus (Arab: كنيسة القلب المقدس, Prancis: Église du Sacré-Cœur), adalah sebuah bangunan gereja katedral Katolik yang sudah tidak berfungsi, berlokasi di Casablanca, Maroko.

Katedral sedang dibangun

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Casablanca dibangun pada tahun 1930. Katedral menghentikan fungsi keagamaannya pada tahun 1956, setelah kemerdekaan Maroko, di mana rezim Muslim memaksa penutupan kegiatan peribadatan Katolik. Katedral Casablanca kemudian menjadi pusat budaya yang terbuka untuk pengunjung.[1] Katedral ini telah menyelenggarakan berbagai pameran seni. Institut Français di Casablanca bahkan menyelenggarakan malam musik elektronik di bagian tengah gereja bekas pada 10 Oktober 2015.[2]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dirancang oleh arsitek Prancis Paul Tournon, menggunakan gaya Art Deco.[1] Biasanya disebut sebagai katedral, meskipun pada kenyataannya, secara teknis tidak pernah menjadi katedral, karena gereja ini tidak pernah menjadi katedra atau takhta bagi seorang uskup.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Katedral Casablanca - Casablanca, Maroko". 
  2. ^ "Video. Musik Elektronik yang Diundang Sacré-Coeur". fr.le360.ma (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 22-05-2019.