Katedral Cartago, Valle del Cauca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cartago
Katedral Bunda dari Karmel di Cartago
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Carmen
Katedral Cartago
LokasiCartago
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cartago di Kolombia

Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel[1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Carmen)[2] disebut juga Katedral Cartago adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di sudut Jalan kelima dengan jalan empat belas, dua blok dari Taman Bolivar, di kota Cartago (Valle del Cauca), Kolombia.[3] Yang paling menonjol dari katedral ini adalah menaranya terpisah dua puluh meter dari bagian gereja lainnya. Bergaya neoklasik, replika Basilika Santo Petrus dari Roma.

Awalnya dibangun pada pertengahan abad keempat belas sebagai kapel untuk menghormati Perawan di bawah doa Gunung Karmel. Tempat ini dikenang secara historis karena pernah menjadi tempat doa ragdales cartagüeños, yang dengan sungguh-sungguh merayakan pesta mereka setiap tahun.

Pada tanggal 22 Januari 2012, Katedral menyimpan relik Paus Yohanes Paulus II, sampel darahnya yang dibawa dari Roma oleh Monsinyur Slawomir Oder, sebagai bagian dari pertemuan dengan para korban kekerasan di Kolombia. Dengan kunjungan ini tergenapi apa yang bagi banyak umat beriman dianggap sebagai kunjungan kedua Paus Suci ke negara tersebut sejak tahun 1986.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel di Cartago (Valle del Cauca)
  2. ^ "Catedral de Cartago". www.colombia.travel. Diakses tanggal 2016 -12-01. 
  3. ^ La Iglesia en Kolombia.