Katedral Carora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Carora
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
bahasa Spanyol: Catedral de San Juan Bautista de Carora
Katedral Carora
LokasiCarora
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Carora

Katedral Santo Yohanes Pembaptis[1][2] (bahasa Spanyol: Catedral de San Juan Bautista de Carora) atau sekadar Katedral Carora,[3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di jalan San Juan antara Jalan Bolivar dan Lara di kota Carora, di kotamadya Pedro León Torres, di negara bagian Lara di bagian tengah barat negara Venezuela di Amerika Selatan.

Katedral mengikuti ritus Romawi atau Latin dan sepenuhnya didekorasi dengan warna putih, dan memiliki nilai keagamaan, sejarah, warisan yang tinggi dan merupakan tempat wisata utama. Keuskupan ini menjadi pusat Keuskupan Katolik Keuskupan Carora (Dioecesis Carorensis) yang didirikan pada tanggal 22 Juli 1992 dengan bulla kepausan Certiori christifidelium dari Paus Yohanes Paulus II. Secara resmi menjadi katedral sejak 11 November 1992.[4]

Katedral ini terletak di kawasan kolonial, di seberang Bolivar Square. Pembangunannya berlangsung sekitar seratus tahun. Ini adalah gaya barok kolonial dengan elemen arsitektur Renaisans. Dibangun pada awal tahun 1600an, bangunan ini sudah aktif pada tahun 1658, pada tahun 1745 dibuat altar tinggi dan pada tahun 1825 rusak akibat kebakaran sehingga harus dibangun kembali.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Yohanes Pembaptis di Carora
  2. ^ "VenezuelaTuya". Venezuela Tuya. Diakses tanggal 2016-07-03. 
  3. ^ "Carora, cuna de músicos, autores y compositores (Lara)". Diakses tanggal 2016-07-03. 
  4. ^ "Carora y su legado kolonial". www.el-nacional.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26-04-2016.