Katedral Calabozo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Calabozo
Katedral Semua Orang Suci
Spanyol: Catedral de Todos Los Santos de Calabozo
Katedral Calabozo
LokasiCalabozo
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Calabozo

Katedral Semua Orang Kudus[1] (Spanyol: Catedral de Todos Los Santos de Calabozo) atau Katedral Metropolitan Calabozo adalah sebuah gereja katedral Katolik bergaya barok yang terletak di Calabozo,[2][3] Negara Bagian Guárico,[4] Venezuela .[5]

Katedral ini didirikan pada hari berdirinya Calabozo, pada tanggal 1 Februari 1724, sehubungan dengan Lucas Guillermo Castillo Lara dalam bukunya tentang desa Semua Orang Suci Calabozo (Villa de Todos los Santos de Calabozo): "Pastor Cadiz diberkati dalam nama Tuhan atas tanah yang menerima mereka dan orang-orang yang menghuninya". Semua yang diproklamirkan akan didirikan atas nama Yang Mulia Raja; setelah Friar ditemani oleh penduduk desa memasang salib sederhana untuk mengamankan lokasi gereja masa depan, menelusuri persegi panjang alun-alun, dia menguraikan empat jalan pertama dan membagikan dua belas solar pertama hingga April 1729 ketika, selama kunjungan Uskup Juan José Calatayud, dibangun antara tahun 1754 dan 1790 untuk memperlambat pembangunannya. Pembangunan Gereja Paroki Kedua dimulai, tetapi pada abad kedua puluh ketika kubah dengan jam dibangun, saat ini menjadi ikon kota, dan salah satu yang terpenting di negara Venezuela.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Semua Orang Suci di Calabozo
  2. ^ "Turismo Histórico Cultural en el Estado Guárico, Venezuela: Guárico, teritorio de fe!". Diakses tanggal 2016-07-03. 
  3. ^ Interiores, Venezuela Ministerio de Relaciones. Memoria y cuenta. El Ministerio. 
  4. ^ El arte hispanoamericano. ISBN 9789802440177. 
  5. ^ "Catedral de Calabozo".