Katedral Cúcuta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cúcuta
Spanyol: Cathedral of San José de Cúcuta
Katedral Cúcuta
LokasiCucuta
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan9 Maret 1734
PendiriAntonio Claudio Alvarez de Quiñonez
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cúcuta
Klerus
Jumlah ImamRomo Víctor Manuel Ochoa Cadavid

Katedral San José de Cúcuta adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Cúcuta, Kolombia. Letaknya di pusat kota, di depan Taman Santander dan dekat dengan balai kota. Katedral ini dianggap sebagai jantung sejarah dan budaya kota.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta Keuskupan Cúcuta, dan menjadi gereja utama Keuskupan Cúcuta pada tanggal 29 Mei 1959, ketika ditahbiskan oleh Paus Pius XII. Sebagian besar bergaya Romawi murni, dengan fasad veneer batu yang mengesankan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak banyak yang diketahui tentang konstruksinya. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 12 Mei 1889, dan bangunan tersebut memperingati berdirinya paroki tersebut pada tahun 1734. Gereja tersebut dihancurkan oleh gempa Cúcuta tahun 1875. Pemugaran candi ini diminta oleh masyarakat Kukuta, namun karena kesulitan ekonomi dan meningkatnya konflik antara dua pihak utama di Kolombia, rekonstruksinya tertunda beberapa tahun. Baru pada tahun 1905 pendeta Demetrio Mendoza yang baru terpilih memutuskan untuk memulai pembangunan kuil baru.[1][2]

Pada tahun 1956 diberi status Katedral Keuskupan.

Di dalamnya terdapat sisa-sisa Uskup Pertama Cúcuta Monseñor Luis Hernandez. Patut dicatat bahwa rumah ini berisi gambar-gambar pelukis cucuteño Salvador Moreno. Tanggal 19 Maret 1920 (hari San José), meresmikan organ di gedung ini, sumbangan Rudesindo Soto.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Inicio". 
  2. ^ "portalturisticonortedesantander.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Agustus 2013. Diakses tanggal 23 Oktober 2015. 
  3. ^ "KATEDRAL CUCUT". PORTAL TURISTICO NORTE DE SANTANDER. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Agustus 2013. Diakses tanggal 9 Desember 2017.