Katedral Cádiz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cádiz
Gereja Katedral Salib Suci di Cádiz
Spanyol: Catedral de la Santa Cruz sobre las Aguas de Cádiz
Katedral Cádiz
LokasiCádiz
NegaraCeuta, Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cádiz dan Ceuta

Katedral Cádiz (Spanyol: Catedral de Cádiz, Catedral de Santa Cruz de Cádiz) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Cádiz, Spanyol selatan, dan pusat kedudukan serta takhta bagi Keuskupan Cadiz y Ceuta. Dibangun antara tahun 1722 dan 1838. Katedral ini dinyatakan sebagai Bien de Interés Cultural pada tahun 1931.

Plaza de la Catedral menampung Katedral dan gereja Baroque Santiago, yang dibangun pada tahun 1635.

Gereja ini dikenal dengan sebutan "Katedral Amerika" karena dibangun dengan uang hasil perdagangan antara Spanyol dan Amerika. Abad ke-18 adalah masa keemasan bagi Cádiz, dan katedral lain yang dimiliki kota itu, Santa Cruz, sangatlah kecil untuk momen baru Cádiz ini.

Katedral baru ini dibangun dari tahun 1722 hingga 1838. Orang pertama yang merancang gereja tersebut adalah arsitek Vicente Acero, yang juga membangun Katedral Granada. Acero keluar dari proyek tersebut dan digantikan oleh beberapa arsitek lainnya. Hasilnya, katedral yang sebagian besar bergaya barok ini dibangun selama 116 tahun, dan karena masa konstruksi yang berlarut-larut ini, katedral mengalami beberapa perubahan besar pada desain aslinya. Meskipun katedral ini awalnya dimaksudkan sebagai bangunan barok, namun mengandung unsur rococo, dan akhirnya diselesaikan dengan gaya neoklasik. Kapelnya memiliki banyak lukisan dan peninggalan dari katedral tua dan biara-biara dari seluruh Spanyol.

Di ruang bawah tanah dimakamkan komposer Manuel de Falla dan penyair serta penulis drama José María Pemán, keduanya lahir di Cádiz.

Menara Levante, salah satu menara Katedral Cádiz, terbuka untuk umum dan menampilkan panorama kota dari ketinggian.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]