Katedral Buga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Buga
Katedral Santo Petrus Rasul
bahasa Spanyol: Catedral de San Pedro Apóstol
Katedral Buga
LokasiBuga
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Buga

Katedral Santo Petrus Rasul[1] (bahasa Spanyol: Catedral de San Pedro Apóstol) disebu juga Katedral Buga adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Guadalajara de Buga[2] (Valle del Cauca) di negara Amerika Selatan Kolombia,[3][4] dibangun atas doa Rasul Simon Petrus, yang merupakan kedudukan uskup Buga, menjadi gereja terbesar di keuskupan Buga. Letaknya di sudut, di persimpangan 6th Street (Main Church Street atau 7 Agustus) dengan Carrera 15 (Bolivar Street), di Zona 1 (Area Fondasi) Pusat Sejarah Buga, di sisi selatan José María Cabal Park, tiga blok dari Lesser Basilica of the Lord of Miracles.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan bagi Keuskupan Buga.

Lantai bagian tengah dipisahkan dari tiang kayu. Di bagian tengah kanan terdapat kolam baptisan batu dan altar utama, karya Sebastián Usiña dari Paya, ditutupi dengan selebaran emas dan perak.

Gereja yang saat ini menjadi katedral adalah milik kaum Yesuit, namun ketika mereka diusir, gereja tersebut ditinggalkan, yang bertahun-tahun diperbesar dan dihias, dihancurkan pada tahun 1766 akibat gerakan seismik. Sembilan tahun kemudian, dengan bantuan keuangan dari Raja Spanyol, bangunan itu dibangun kembali; Rekonstruksi yang dihentikan pada tanggal 30 Desember 1781, dan kemudian dipulihkan pada abad kedua puluh. Dengan terbentuknya Keuskupan Buga, statusnya diangkat menjadi katedral

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Rasul Santo Petrus di Buga
  2. ^ Sánchez, Edgar Toro (2000-01-01). El liderazgo de Rafael Uribe Uribe y la modernización de la nación y el estado. Teleobjetivo Editores. 
  3. ^ Uribe, Julián Uribe; Sánchez, Edgar Toro. Memorias de Julián Uribe Uribe. ISBN 9789586640107. 
  4. ^ Maya, Bernardo Restrepo (1990-01-01). Kolombia, apa yang linda eres!. Educar Cultural Recreativa. ISBN 9789580503323.